Comscore Tracker

Masakan Ainun yang Selamatkan Habibie dari Ancaman Racun

Dibawa dengan rantang dari Patra ke Istana

Jakarta, IDN Times - Ancaman racun pernah menerpa Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Untuk itu pengawasan ketat pun dilakukan.

Termasuk memeriksa setiap makanan yang dimasak. Hal itu diungkapkan Mantan ajudan Habibie, TB Hasannudin.

Hasanuddin bahkan langsung turun tangan untuk membeli bahan makanan untuk menjaga sterilisasi makanan.

"Jadi gini, kami makan kan hanya dari Patra, sehingga saya meng-cover yang belanja di Patra saja," kata Hasanuddin di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Selain itu untuk menjaga sterilisasi makanan, hanya sang istri Ainun Habibie yang boleh memasak makanan untuk Habibie. Diantarnya pun pakai rantang dari kediamannya.

"Makanan Istana dari rumah, dari Bu Ainun. Makanan Pak Habibie hanya masakan Ibu saja, pakai rantang," ucap dia.

Bahkan termasuk ke luar kota. Ainun juga yang memasak makanan jika Habibie melakukan perjalanan ke luar kota. Ainun sendiri selalu mendampingi Habibie ke mana pun.

"Pasti Ibu kan berangkat juga, Ibu yang pilih makanannya," terang Hasanuddin.

Karena adanya ancaman racun tersebut, ungkap Hasanuddin, Istana memutuskan untuk memasak agak siang setiap harinya. Alasannya, makanan yang disajikan harus dicek terlebih dahulu.

"Saya gak memberitahu tapi yang biasa belanja di kediaman menyampaikan, kami masak agak siang karena harus dicek dulu. Kalau Pak Habibie santai saja, kita hanya tergantung Allah, hidup mati ini," ungkap Hasanuddin.

Baca Juga: Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil BJ Habibie yang Langka dan Keren

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You