Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan Selatan

Alamnya juga ikut dibanggakan

Jakarta, IDN Times - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, menghadiri undangan Bappenas untuk membahas pemindahan ibu kota. Kalimantan Selatan disebut-sebut menjadi salah satu kandidat pengganti Jakarta sebagai ibu kota Indonesia.

1. Masyarakat Kalimantan Selatan antusias dijadikan salah satu kandidat ibu kota

Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan SelatanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sahbirin menyampaikan masyarakat Kalimantan Selatan sangat antusias menyambut wacana pemindahan ibu kota. 

"Mereka juga bahkan berpesan kepada kita, 'Pak Gubernur bilang saja bahwa masyarakat Kalimantan Selatan ini adalah masyarakat yang sangat ramah sekali'," kata Sahbirin di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

Baca Juga: Bappenas: Ibu Kota Baru Tidak Untuk Menyaingi Jakarta

2. Kalimantan Selatan lebih tua dari Jakarta

Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan SelatanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sahbirin mengatakan Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang memiliki sejarah cukup panjang, hampir sama dengan Jakarta, bahkan lebih tua.

"Provinsi ini lebih tua dari Jakarta itu sendiri. Provinsi ini adalah salah satu wilayah yang dijajah oleh Belanda yang termasuk 350 tahun yang dijajah oleh Belanda," jelas Sahbirin.

3. Kalimantan Selatan diklaim jarang terjadi bencana

Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan SelatanIDN Times/Arifin Al Alamudi

Secara geografisnya, lanjut Sahbirin, di Kalimantan Selatan terdapat bebatuan intan yang berumur hingga ratusan juta tahun. Menurutnya, dari bebatuan yang masih tampak utuh itu, menggambarkan bahwa Kalimantan Selatan menjadi salah satu wilayah yang jarang terjadi gempa.

"Dampaknya dengan bebatuan secara geologi, maka musibah atau bencana atau gempa boleh dikatakan nihil di Kalimantan Selatan. Nah ini juga potensi besar untuk menempatkan sebuah negara yang jauh dari musibah bencana," ucapnya.

4. Kalimantan Selatan memiliki pesisir yang bisa dijadikan pelabuhan internasional

Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan Selataninstagram.com/yosefkurniawan96

Keunggulan Kalimantan Selatan selanjutnya, kata Sahbirin, provinsi tersebut berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 dan 2. Sehingga, Kalimantan Selatan memiliki pesisir yang menurutnya luar biasa.

"Kalsel punya pantai yang pesisirnya bisa dijadikan pelabuhan internasional, di mana kedalaman lautnya ini sangat memenuhi persyaratan untuk kapal-kapal besar yang bersandar. Tentu saja pelabuhan ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi itu sendiri," ujar dia.

5. Alam di Kalimantan Selatan bisa dibanggakan

Disebut Bakal Jadi Ibu Kota, Ini Modal Kalimantan Selataninstagram.com/hafizbiru/

Sahbirin mengatakan Kalimantan Selatan memiliki Pegunungan Meratus. Ia memaparkan bahwa Pegunungan Meratus merupakan sebuah daerah yang memiliki banyak resapan air.

"Sehingga dia bisa menjadi sebuah cadangan kalau kita ini sangat butuh sekali dengan yang namanya air. Daerah pegunungannya hutan lindungnya yang luar biasa ini sebagai sebuah potensi pemenuhan keperluan air," ucapnya.

Dan dia pun menjamin bahwa dataran yang ada di Kalimantan Selatan sangat aman untuk diolah menjadi sebuah pembangunan. Gedung setinggi apapun, katanya, unsur tanahnya akan mendukung.

Baca Juga: Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Perlu Dukungan Politik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya