Steffy Burase Akhirnya Akui Dekat dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Steffy membantah uang korupsi masuk ke dalam rekeningnya

Jakarta, IDN Times - Model Fenny Steffy Burase akhirnya mengakui memang memiliki hubungan khusus dengan eks Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Pengakuan itu disampaikan Steffy dalam klarifikasi melalui live streaming Instagram pada Rabu (14/8). Informasi itu ia ungkap sekaligus penjelasan mengenai dugaan uang korupsi DOK Aceh yang masuk ke rekening pribadinya. 

Sebelumnya Steffy membantah telah dinikahi secara siri oleh mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut. Dalam fakta yang diungkap di persidangan, Steffy mengaku pernikahan yang semula dilaksanakan di sebuah apartemen itu batal terealisasi. Padahal, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat menunjukkan pesan yang dikirim oleh Steffy kepada istri pertama Irwandi, Darwati A. Gani. Isinya Steffy menanyakan apakah Darwati benar-benar telah memberikan izin kepada Irwandi untuk menikah lagi. 

Namun, bantahan Steffy itu seolah tak sejalan, lantaran ia kerap mengunggah foto-foto Irwandi di akun media sosialnya. Hal itu memunculkan persepsi di benak sebagian orang bahwa perempuan asal Manado tersebut ingin merebut kursi sebagai istri gubernur. 

"Sorry, but I never interest. Aku gak pernah tertarik dengan kursi itu. Kebetulan saya sama dia (Irwandi) sudah sejak lama," ujar Steffy dalam live streaming dengan durasi sekitar 11 menit itu. 

Lalu, benarkah ada aset milik Irwandi dan diduga dibeli dari uang korupsi lalu diserahkan ke Steffy? Apa tanggapan Steffy mengenai kasus yang menimpa Irwandi Yusuf? 

1. Steffy membantah pernah diberi aset atau harta oleh Irwandi Yusuf

Steffy Burase Akhirnya Akui Dekat dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf(Model Fenny Steffy Burase ketika bersaksi di persidangan) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Keterlibatan Steffy dalam kasus korupsi Dana Operasional Khusus Aceh (DOKA) itu, lantaran ada duit yang mengalir dari sana dan digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan Aceh International Marathon. Steffy yang merupakan pendiri PT Erol Perkasa Mandiri itu, ikut terlibat dalam kegiatan berskala internasional tersebut.

Sayang, kegiatan yang semula untuk mempromosikan Aceh itu dinodai dengan masuknya aliran duit korupsi. Alhasil, kegiatan tersebut tak jadi direalisasikan. 

Dalam klarifikasinya itu, Steffy membenarkan untuk kegiatan Aceh International Marathon, duitnya dikirim ke rekening pribadinya. Namun, ia membantah ada DOKA yang masuk ke rekening itu. 

"Siapa pun tahu semua uang yang masuk ke rekening saya penggunaannya jelas. Tapi, memang betul semua (uang itu) masuk melalui rekening saya," kata Steffy. 

Selama di persidangan, Steffy yang bertindak sebagai salah satu event organizer acara itu, tidak mengikuti proses yang sesuai seperti lelang. Sistem kerja yang digunakan ia menggunakan dana pribadinya dulu untuk membiayai Aceh International Marathon, hingga anggaran dari Dispora Aceh cair. 

"Untuk event itu butuh dana total Rp13 miliar. Akhirnya kami menalangi dan ngumpul (uang) dari sana dan sini untuk menalangi acara itu," katanya lagi. 

Baca Juga: KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017

2. Steffy meminta kepada KPK agar rekening pribadinya dibuka

Steffy Burase Akhirnya Akui Dekat dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf(Ilustrasi logo KPK) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dalam klarifikasi itu, Steffy turut menyebut rekening pribadinya hingga kini masih diblokir oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Padahal, kata dia, tidak ada satu pun uang korupsi atau harta milik Irwandi yang mengalir ke rekening tersebut. 

"Padahal, tidak ada satu pun harta Beliau di sana yang membuat orang tercengang-cengang kok loe mau sih dengan Gubernur tanpa memiliki apa pun," katanya menirukan komentar orang-orang terdekatnya. 

Ia mengaku bersama Irwandi memiliki rencana yang lebih besar dari kehidupan mereka berdua di dunia. Ia pun tak menyesal memilih hidup bersama dengan Irwandi. Kendati, status pernikahannya dengan Darwati A. Gani masih terus berjalan. 

"Saya lihat betapa banyak orang yang mencintai Beliau. Saya bangga memiliki pasangan yang memikirkan kehidupan orang lain, kehendak orang banyak, ketimbang dirinya sendiri," tutur Steffy. 

Oleh sebab itu, ia berharap kepada KPK agar rekening pribadinya segera dibuka. Ia mengaku bukan orang berpunya sehingga membutuhkan rekening tersebut.

3. Kalau memang Irwandi Yusuf korupsi, maka perempuan pertama yang jadi kaya raya seharusnya Steffy

Steffy Burase Akhirnya Akui Dekat dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf(Steffy Burase ketika melakukan live streaming) www.instagram.com/@steffyburase

Steffy menegaskan dan berani menjamin tidak ada perbuatan korupsi yang dilakukan oleh Irwandi. Sebab, apabila Irwandi berbuat korup, maka perempuan pertama yang seharusnya jadi kaya raya adalah dia. 

"Karena kebetulan saya kan orang terdekatnya saat ini," kata Steffy. 

Tak lupa Steffy turut meminta doa kepada rekan dan pengikutnya di akun media sosial. Ia mengingat kalimat yang disampaikan oleh Irwandi yang pernah dibui ketika masih menjadi petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Bedanya, kata Steffy, kali ini Irwandi dibui karena perbuatan korupsi. Menurut Irwandi, ia tak melakukan perbuatan tersebut. 

"Tapi, terakhir Beliau bilang kalau dengan berada di penjara bisa melebur dosa-dosanya selama hidup di muka bumi ini dan membawa Beliau ke surga, insyaallah Beliau ridha dan ikhlas," katanya lagi. 

4. Steffy berharap di tingkat kasasi, Irwandi bisa bebas

Steffy Burase Akhirnya Akui Dekat dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf(Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf) IDN Times/Santi Dewi

Dalam putusan banding, vonis bagi Irwandi justru diperberat menjadi delapan tahun. Sedangkan, di pengadilan tingkat pertama, ia divonis tujuh tahun. 

Lantaran masih merasa tak bersalah, Irwandi berencana mengajukan kasasi. 

"Mudah-mudahan di tingkat kasasi, Beliau bisa mendapatkan keringanan (hukuman). Syukur-syukur bisa bebas," kata Steffy. 

Di bagian akhir, ia mengatakan berani blak-blakan seperti itu, karena 70 persen pengikutnya di media sosial adalah warga Aceh. 

"Jadi, tolong doakan yang terbaik bagi kami dan Aceh," tuturnya lagi. 

Baca Juga: Hakim Benarkan Ada Aliran Uang dari Irwandi Yusuf ke Steffy Burase

Topik:

Berita Terkini Lainnya