Comscore Tracker

Terlempar dari Kabinet Jokowi Jilid II, Warganet: We Want Susi

Posisinya digantikan Edhy Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ada beberapa menteri yang tetap dipertahankan Presiden Jokowi dari periode sebelumnya. Namun banyak juga yang terlempar. Salah satunya adalah Susi Pudjiastuti.

Menteri nyentrik yang menempati bidang Kelautan dan Perikanan itu tak lagi masuk jajaran menteri kabinet Jokowi jilid II. Namanya gak disebutkan dari 38 nama yang dibacakan Jokowi. Gelagat itu sudah tercium sejak kemarin, karena Susi tak terlihat mendatangi Istana Negara seperti calon-calon menteri lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan dijabat Edhy Prabowo dari Gerindra. "Pak Edhy Prabowo menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan," ujar Jokowi ketika mengumumkan kepada publik pada Rabu (23/10) di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat. 

Absennya nama Susi sudah disambut kekecewaan oleh warganet sejak semalam. Mereka menginginkan agar Jokowi tetap memasukan nama Susi sebagai salah satu pembantunya di kabinet jilid kedua. 

Bahkan, tagar #WeWantSusi sempat bergema di media sosial sebagai bentuk ekspresi warganet menginginkan agar Susi kembali duduk sebagai Menteri. Menurut warganet, selama lima tahun bekerja di kabinet Indonesia Kerja, Susi berhasil menegakan kedaulatan Indonesia di dunia maritim dengan cara menenggelamkan kapal pencuri ikan. 

Slogannya "tenggelamkan" sempat membuat ciut para pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. Selain itu, Susi juga mampu membuat anggaran di KKP lebih efisien. Terbukti, selama menjabat sebagai Menteri, ia berhasil menghemat anggaran Rp14 triliun. 

Mampukah Edhy menyamai prestasi yang sudah dibuat oleh Susi? Kita tunggu saja gebrakan apa yang dibuat oleh Edhy. 

https://www.youtube.com/embed/7AGFG4WiG7o

Baca Juga: Catat! Ini Nama-nama Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya