Comscore Tracker

[BREAKING] Inisiator Film Sexy Killers Dandhy Dwi Laksono Ditangkap

Alasan penangkapan karena cuit soal Papua

Jakarta, IDN Times - Polisi melakukan penangkapan kepada Mantan jurnalis Dandhy Dwi Laksono, Kamis (26/9). Pria yang merupakan aktivis dan pendiri Watchdoc itu ditangkap di rumahnya kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Malam tadi, Dandhy baru pulang ke rumahnya sekitar pukul 22.30 WIB. Namun 15 menit berselang, ada yang mengetuk rumahnya. Ternyata empat personil Polri yang membawa surat penangkapan.

Informasi tersebut diunggah di akun resmi organisasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) pada pukul 23.00 WIB. 

"Pada pukul 22.45 ada tamu menggedor-gedor pagar rumah lalu dibuka oleh Dandhy. Tamu dipimpin oleh Bapak Fathur mengatakan membawa surat penangkapan karena alasan posting di sosial media di Twitter mengenai Papua," demikian cuitan YLBHI sekitar pukul 23.00 WIB. 

Direktur YLBHI, Asfinawati tak menampik kabar tersebut. Asfinawati bersama beberapa rekan di LBH Jakarta, sudah berada di Polda Metro Jaya. 

"Benar (Dandhy sudah ditangkap). Dia sudah dibawa ke Polda Metro Jaya. Selain YLBHI, ada juga teman-teman dari KontraS, Amnesty International, LBH Jakarta. Kami sudah di Polda Metro Jaya," kata Asfinawati ketika dihubungi IDN Times melalui telepon pada Kamis malam (27/9). 

Kendati Asfinawati dan rekan-rekannya sudah berada di Polda Metro Jaya, namun mereka belum bisa bertemu dengan Dandhy. 

Di dalam surat penangkapan yang juga diunggah ke akun YLBHI, tertulis Dandhy disangka telah melanggar UU ITE pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 ayat (2) . Di dalamnya tertulis Dandhy diduga telah dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu, dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan ras, agama, suku dan antar golongan (SARA). Di dokumen itu pula, status Dandhy sudah ditetapkan sebagai tersangka. 

Dandhy selama ini cukup vokal melakukan kritik termasuk dalam film garapannya bersama Watchdoc "Sexy Killers".

Ikuti terus berita mengenai penangkapan Dandhy oleh Polda Metro Jaya hanya di IDN Times

Baca Juga: Lahir di Medan, 5 Hal tentang Veronica Koman Buronan Kasus Papua

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya