Jepang Cabut Peringatan Tsunami Beberapa Jam Usai Gempa Magnitudo 7,2 

Tidak ada kerusakan berarti yang terjadi akibat gempa

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Jepang melalui Badan Meteorologi-nya memutuskan untuk mencabut peringatan tsunami yang sempat dinyalakan selepas gempa dengan magnitudo 7,2 mengguncang Prefektur Miyagi.

Dilansir Straits Times, pemerintah Jepang memutuskan untuk mencabut peringatan ini setelah melihat tidak ada dampak serius yang ditimbulkan dari gempa ini. Meski begitu, efek gempa betul-betul dirasakan oleh warga Miyagi.

"Benar-benar buruk, rasanya guncangan berlangsung lama. Bahkan, lebih lama daripada gempa bulan lalu. Namun, syukurlah, semua bangunan di sini baik-baik saja. Botol-botol berjatuhan, tetapi listrik masih menyala," ujar Shizue Onodera, warga yang bekerja di Ishinomaki.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Jepang Sabtu Sore Ini

1. Titik pusat gempa sama dengan 10 tahun lalu

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Beberapa Jam Usai Gempa Magnitudo 7,2 Ilustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Salah satu warga lain yang tidak mau disebutkan namanya, kepada NHK mengatakan bahwa gempa ini mengingatkannya pada kejadian 10 tahun lalu. Saat itu, gempa besar mengguncang Miyagi, serta mengakibatkan tsunami yang menyapu Fukushima.

"Saya tiba-tiba ingat insiden 10 tahun lalu. Gara-gara pengalaman di hari itu, saya langsung bergerak cepat. Jantung saya berdebar kencang," ujar pria tersebut.

Tidak cuma itu, menurut Sky News, titik pusat gempa Sabtu sore ini juga sama dengan 10 tahun lalu. Pada 2011 lalu, titik gempa juga berada di area timur laut Jepang, dekat dengan Prefektur Miyagi.

2. Peringatan tsunami sempat dinyalakan Jepang

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Beberapa Jam Usai Gempa Magnitudo 7,2 Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Deutsche Welle (DW) melaporkan, beberapa menit setelah gempa mengguncang, peringatan tsunami sempat dinyalakan di beberapa pantai di pesisir Jepang yang dekat dengan titik pusat gempa. Diperkirakan, akan ada ombak dengan tinggi mencapai satu meter.

Warga sekitar pesisir pun diimbau untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Konsulat Amerika Serikat di Sapporo juga memberikan imbauan serupa. Gempa bahkan terasa hingga Tokyo, yang jaraknya kurang lebih 400km dari titik pusat gempa.

3. Gempa magnitudo 7,2 landa Jepang pada Sabtu sore

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Beberapa Jam Usai Gempa Magnitudo 7,2 Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Jepang kembali diguncang gempa. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 7,2 melanda Negeri Sakura, dengan episentrum gempa berada di bagian timur laut Jepang, Sabtu (20/3/2021) petang waktu setempat.

Menurut laporan Japan Times, gempa ini mengguncang sebagian wilayah Prefektur Miyagi. Wilayah yang sama saat gempa hebat mengguncang pada 2011 silam,  yang mengakibatkan banyak orang meninggal dunia, serta tsunami yang menyapu wilayah Fukushima.

Baca Juga: [BREAKING] Tsunami Landa Jepang Usai Gempa Magnitudo 7,2 Sabtu Sore

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya