Comscore Tracker

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBB

Indonesia aktif dalam upaya perdamaian dunia

Hari ini United Nations (UN) atau Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) tepat berusia 75 tahun.

Indonesia termasuk anggota PBB yang aktif dalam upaya perdamaian dunia. Salah satunya adalah dengan mengirimkan pasukan perdamaian ke daerah-daerah konflik bersama anggota PBB yang lain. 

Dilansir dari antaranews.com, Indonesia masuk dalam 10 besar negara penyumbang pasukan perdamaian PBB terbanyak. Saat ini Indonesia telah mengirimkan 2.843 personel di berbagai misi perdamaian. Berikut 5 misi perdamaian TNI pilihan IDN Times.

1. Misi Kontingen Garuda I - Mesir

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBBvidio.com

Misi perdamaian pertama diberi nama Kontingen Garuda I atau Konga I dikirim pada tanggal 8 Januari 1957. Misi ini berkekuatan 599 personel TNI yang sebagian Resimen Infanteri Teritorial IV/Diponegoro. Tujuan utama dari misi ini adalah untuk menjaga perbatasan Israel dan Mesir bersama dengan pasukan PBB. Misi ini resmi berakhir pada 29 September 1957.

2. Misi Kontingen Garuda II dan III - Kongo

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBBjurnalpatrolinews.com

Setelah dari Mesir, TNI kembali mengirimkan pasukan perdamaian ke Kongo pada tahun 1960-1961. Misi ini adalah bagian dari United Nations Operation in the Congo (UNOC). Tujuan dari misi ini adalah untuk menjaga perdamaian di Kongo yang kala itu sedang dilanda perang saudara. Dalam misi ini TNI mengirimkan 1.074 personel. 

3. Misi Kontingen Garuda IV - Vietnam

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBBtempo.co

Dalam Konga IV, TNI kembali mengirimkan pasukan ke Vietnam yang saat itu sedang berkonflik pada tahun 1973. Kali ini, Konga berada di bawah misi nya kepada International Comission of Control and Supervision. Misi Konga IV berkekuatan 294 personel. Tugas utama dari Konga IV adalah mencegah terjadinya pelanggaran, mengawasi evakuasi dan alat-alat perang, dan menjaga perdamaian pasca perang.

4. Misi Indobatt UNIFIL - Lebanon 

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBBelshinta.com

Dalam misi Indobatt UNIFIL, Indonesia telah memberangkatkan 11 kontingen sejak tahun 2006. Misi ini sebagai bagian dari komando Dewan Keamanan PBB dengan nama United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL). Misi ini bertujuan untuk memulihkan keamanan Lebanon pasca serangan Israel tahun 2006 lalu. Pemberangkatan terakhir kontingen Indobatt dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu.

5. Misi perdamaian Unamid - Sudan

HUT Ke-75, Ini 5 Operasi yang Pernah Dilakukan TNI bersama Pasukan PBBliputan6.com

Dalam misi ini, TNI bergabung dengan komando United Nations Mission in Darfur (Unamid) sejak 21 Agustus 2008. Tugas utama dalam misi ini adalah sebagai Satuan Tugas Military Observer (Satgas Milops) di Sudan yang pada waktu itu baru saja mengalami perang saudara. Hingga kini telah ada empat pemberangkatan pasukan TNI sejak tahun 2008 hingga 2012. 

 

Baca Juga: Berusia 75 Tahun, 9 Fakta Sejarah Tentang Persatuan Bangsa-bangsa

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya