Sosok Anton Medan di Mata Anak: Tegas Ajarkan Ilmu Agama ke Keluarga

Sang anak mengenang Anton sebagai sosok penuh kasih sayang

Bogor, IDN Times - Tokoh Tionghoa Muslim, Ramdhan Effendi atau yang dikenal dengan nama Anton Medan (63) dikenal sebagai sosok ayah yang tegas dalam menegakkan ilmu agama dalam keluarga. Putra keenam Anton Medan, Delly Viki Ramdani mengatakan, mendiang ayahnya telah membekali enam anaknya yang kini masih hidup dengan ilmu agama yang mumpuni.

"Sosok yang luar biasa. Ketegasan beliau, kasih sayang sama anak luar biasa. Ketegasan dalam mendidik, terutama untuk siap menghadapi dunia nyata," kata Delly saat ditemui di rumah duka, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (15/3/2021).

 

1. Keluarga sepakat memakamkan mendiang Anton Medan besok

Sosok Anton Medan di Mata Anak: Tegas Ajarkan Ilmu Agama ke KeluargaPutra keenam Anton Medan, Delly Viki Ramdani saat ditemui di rumah duka, Cibinong, Bogor, Senin (15/3/2021) (IDN Times/Rubiakto)

Menurut Delly, masih banyak saudara dan kerabat Anton dari luar kota yang akan datang untuk melihat sosok tokoh Tionghoa yang pernah berguru ke KH Zainudin MZ itu, untuk yang terakhir kalinya.

"Banyak saudara dari luar kota mau datang, melihat bapak untuk terakhir kali. Tapi yang pasti besok dimakamkan tapi belum tahu jam berapa dimakamkannya," kata Delly.

Baca Juga: Anton Medan Akan Dimakamkan di Sebelah Masjid Jami Tan Kok Liong 

2. Anton Medan sudah menyiapkan makamnya sendiri sejak awal tahun 2000

Sosok Anton Medan di Mata Anak: Tegas Ajarkan Ilmu Agama ke KeluargaJenazah Anton Medan di rumah duka, Cibinong, Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Sementara Wakil Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Arta Dharmadi menjelaskan Anton Medan telah menyiapkan makam untuk dirinya sendiri sejak lama, bahkan saat masjid ini dibangun sekitar awal tahun 2000.

"Memang sudah lama (makam) disiapkan. Beliau memang punya sakit gula. Sempat dirawat di RS EMC Sentul, tapi sebentar dan sudah lama. Tapi beliau meninggal di sini (rumah). Belum tahu jam berapa dimakamkan. Karena banyak yang mau datang lagi," kata dia.

3. Almarhum akan dimakamkan di sebelah Masjid Jami Tan Kok Liong

Sosok Anton Medan di Mata Anak: Tegas Ajarkan Ilmu Agama ke KeluargaJenazah Anton Medan di rumah duka, Cibinong, Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Diberitakan sebelumnya, Anton Medan meninggal dunia pada Senin (15/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, di kediamannya di Kp Bulak Rata, RT 02/08, Kelurahan Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat ini jenazah Anton Medan masih disemayamkan di rumah duka. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di sebelah Masjid Jami Tan Kok Liong, kawasan pesantren At Taibin. Masjid berarsitektur Tionghoa itu didirikan oleh Anton Medan.

Baca Juga: [BREAKING] Anton Medan Meninggal Dunia 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya