Comscore Tracker

Pria Ini Geser Pendiri Facebook sebagai Orang Terkaya Ketiga di Dunia

Mark Zuckerberg kini berada di peringkat empat

Jakarta, IDN Times - Pendiri sekaligus CEO Facebook Inc. Mark Zuckerberg tergeser dari posisi ketiga orang terkaya di dunia. Adalah bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, menggeser yang menggantikan posisinya pada awal pekan ini. 

Melansir Bloomberg, harta Musk kini mencapai lebih dari Rp1.700 triliun. Naiknya peringkat Musk dalam daftar orang paling tajir di planet bumi ini didorong oleh lonjakan saham Tesla sebesar 12 persen pada Senin (31/8/2020).

Sementara, posisi pertama dan kedua masing-masing ditempati oleh bos Amazon Jeff Bezos dan pendiri Microsoft Bill Gates.

1. Tesla menuai momentum pada 2020

Pria Ini Geser Pendiri Facebook sebagai Orang Terkaya Ketiga di DuniaCEO Tesla, Elon Musk (www.forbes.com)

Selain kedua perusahaan tersebut, Musk juga merupakan pendiri The Boring Company, Hyperloop serta OpenAI. Namun, di antara semua petualangan bisnis laki-laki kelahiran Afrika Selatan itu, Tesla lah yang paling berkontribusi terhadap melesatnya total kekayaan Musk.

Pada 2020 ini, saham produsen mobil listrik itu meroket sampai 500 persen. Ini membuatnya bernilai hampir Rp7.000 triliun. Pada 2018, para pemegang saham Tesla menyetujui permintaan Musk untuk tidak menggajinya per bulan atau memberikannya bonus.

Ia memilih untuk digaji dalam bentuk saham yang nilainya mencapai miliaran, bahkan triliunan rupiah. Beberapa kali Tesla sanggup meraih untuk minimal dan batas harga saham.

Alhasil, Musk pun menerima dua kali gaji sebesar ratusan triliun rupiah. CNN melaporkan bahwa sebentar lagi ia juga akan mendapatkannya lagi karena performa Tesla yang positif.

Baca Juga: Punya Harta Rp1.453 Triliun, Elon Musk Masuk Jajaran Orang Kaya Dunia

2. Kekayaan Musk meningkat lebih dari Rp1.000 triliun

Pria Ini Geser Pendiri Facebook sebagai Orang Terkaya Ketiga di DuniaCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Musk memiliki lebih dari 18 persen saham Tesla atau lebih dari tiga kali lipat dibandingkan pemegang saham terbesar berikutnya. Begitu saham perusahaan mengalami lonjakan, total aset Musk pun ikut bertambah.

Pada tahun ini, kekayaannya meningkat hampir Rp1.300 triliun. Tak heran ia kemudian sanggup membuat Zuckerberg lebih miskin. Pada Januari saja, total kekayaan Musk masih sekitar Rp460 triliun. Menurut estimasi Forbes, separuhnya berasal dari saham Tesla.

Akan tetapi, Tesla baru mengumumkan akan menjual sekitar Rp73 triliun sahamnya. Ini lantaran perusahaan harus mengikuti peraturan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Akibatnya, pada Selasa (1/9/2020), saham Tesla turun sekitar satu persen. 

3. Jumlah kekayaan Zuckerberg adalah sekitar Rp1.622 triliun

Pria Ini Geser Pendiri Facebook sebagai Orang Terkaya Ketiga di DuniaCEO Facebook Mark Zuckerberg. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/zuck

Sedangkan Zuckerberg yang secara konsisten menjadi salah satu orang paling bergelimang harta di dunia saat ini memiliki total kekayaan sebesar Rp1.622 triliun. Padahal, baru bulan Mei lalu ia dinobatkan menempati posisi ketiga.

Baik Zuckerberg, Musk maupun Gates sendiri diprediksi cukup sulit untuk menggeser ranking Bezos. Pada akhir Agustus, ia mencatatkan rekor saat saham Amazon naik dua persen. Ini membuat kekayaan Bezos bertambah sebesar Rp72 triliun.

Penambahan ini membuat laki-laki 56 tahun tersebut sebagai orang pertama di dunia yang memiliki total harta hampir Rp3.000 triliun.

Baca Juga: Elon Musk Langgar Aturan Lockdown, Pabrik Tesla Kembali Beroperasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya