Diblokir Kemkominfo, Begini Pernyataan IndoXXI yang Kejutkan Warganet

Bagaimana solusi pemerintah?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir ribuan situs film ilegal, termasuk situs live streaming film IndoXXI yang kerap dikunjungi masyarakat Indonesia.

Pihak IndoXXI pun menerima langkah kebijakan pemerintah tersebut, dan meminta maaf kepada masyarakat yang biasa mengunjungi situs ini. IndoXXI terpaksa tutup per 1 Januari 2020. Bagaimana tanggapan resmi situs film yang banyak dikunjungi anak-anak muda ini?

1. IndoXXI meminta maaf per 1 Januari 2020 akan ditutup

Diblokir Kemkominfo, Begini Pernyataan IndoXXI yang Kejutkan Warganet(103.194.171.75)

Melalui situsnya, IndoXXI meminta maaf kepada masyarakat atau warganet yang biasa mengunjungi situs fim ini. IndoXXI menyatakan dengan berat hati harus menutup laman situs, karena mendukung kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kemkominfo.

"Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020, kami akan menghentikan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya menjadi lebih baik. Salam IndoXXI," demikian pernyataan di laman depan IndoXXI.

Hingga kini, lama situs IndoXXI juga sudah tidak dapat diakses karena sudah berlaku pemblokiran dari Kemkominfo.

Baca Juga: Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya Blokir

2. Kemkominfo akan memblokir situs IndoXXI

Diblokir Kemkominfo, Begini Pernyataan IndoXXI yang Kejutkan WarganetMenkominfo Johnny G. Plate. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebelumnya buka suara soal rencana pemblokiran terhadap situs web streaming bajakan atau ilegal, seperti IndoXXI (Lite) serta ribuan situs dan domain ilegal lainnya. Menurut Johnny, pihaknya tidak bisa begitu saja melakukan pemblokiran. 

"Tidak bisa seenaknya blokir memblokir. Dibilang bajak, apa benar membajak? Apa bukan? Kan harus lihat dulu. Tidak bisa Kominfo saja," ujar dia saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12).

Johnny menjelaskan, pemblokiran bisa dilakukan apabila telah dilakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian Republik Indonesia, dan instansi terkait lainnya. Dari hasil koordinasi tersebut nantinya bisa diputuskan apakah situs tersebut benar-benar melanggar hukum. 

"Harus kerja sama dengan yang lain apakah kepolisian, BSSN, lalu yang lain untuk memastikan apa benar ini melanggar hukum? Itu yang diblokir," tutur dia. 

Anggota DPR periode 2014-2019 ini menyebutkan pemerintah akan menindak tegas situs-situs yang melanggar hukum. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual (Haki). 

"Kalau di spesifik sedang diperiksa dulu. Kominfo kalau langgar aturan ya tertib," kata dia.

3. Warganet kecewa IndoXXI diblokir

Diblokir Kemkominfo, Begini Pernyataan IndoXXI yang Kejutkan WarganetTwitter/@Ordinarose

Pemblokiran IndoXXI mendapat berbagai reaksi dari warganet. Mereka umumnya merasa kecewa dan berterima kasih kepada IndoXXI yang sudah menyajikan berbagai genre film selama ini secara gratis.

Seperti disampaikan pemilik akun Twitter @kakzekage, yang merasa gusar akibat penutupan situs ini. "Laaaaaah nanti gw nonton drama dimana :'(( #indoxxi," kicau dia.

Kekecewaan juga diungkapkan pemilik akun @Mega0694 seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada IndoXXI. "Terimakasih #indoxxi. Jasamu akan selalu kami kenang 💐."

Ada juga yang mencoba menghibur diri dengan kabar penutupan ini. Seperti disampaikan pemilik akun @RifqiAlfNugraha, "Semoga ini hanya prank. Please lah thn depan masih ada stranger things #indoxxi."

Tak hanya itu, pemilik akun @arifNikhsan juga turut kecewa dengan kabar ini. "Sampai jumpa #indoxxi, perjuanganmu akan selalu kami kenang salam warga yg ga punya temen nnton bioskop :(," cuit dia.

Tak hanya nada kecewa, warganet juga ada yang menanggapi penutupan situs IndoXXI dengan nada humor dan mengkiritisi langkah pemerintah.

Seperti yang disampaikan pemilik akun @Berliaanzb2, yang merasa beruntung berkat adanya IndoXXI dia bisa menabung, karena tidak harus menonton film di bioskop.

"Thanks INDOXXI yang udah bikin gue nggak nonton di bioskop, karena kamu aku bisa nabung dengan lancarr, thx u," cuit dia.

Hal senada juga disampaikan pemilik akun @sevenphoria, yang kebingungan karena tidak bisa menonton lagi sebagai pekerjaan dia sehari-hari.

"Terus kalo gabut mau ngapain? Watching movie is a good way for me to wasted my fucking holidays😭😭 Haruskah saya mengubah air laut menjadi pink untuk mengisi waktu luang saya??? Solusi dari pemerintah apa?? Serius kecewa berat anjir kalo gk ada solusi yg tepat😭😭," cuit dia dengan menyertakan tagar #indoxxi.

Komentar bernada kritik juga disampaikan pemilik akun @buatsotoajah, yang merasa kecewa dengan langkah pemerintah ini. Sebagai warga yang tinggal di kampung dan jauh dari bioskop, langkah pemerintah ini merugikan dia.

"Yaaaaa jujur ini sangat memberatkan terhadap sebagian orang yang di daerahnya tidak terdapat bioskop dan penayangan film di bioskop terkadang mengalami pemotongan scene yang gimana gitu ya kan," kicau dia dengan menyertakan tagar #indoxxi.

Pemilik akun @al_qalamu juga mengkritisi kebijakan pemerintah dengan memblokir situs IndoXXI. "Pemerintah ingin memajukan industri dengan menzholimi masyarakat tak mampu. Kenapa kebijakan pemerintah sering merugikan rakyat biasa?" tanya dia dengan menyertakan tagar #indoxxi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: IndoXXI Ditutup, Begini Ungkapan Kekecewaan Warganet di Twitter

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya