[BREAKING] Gempa di Jembrana Terjadi Hingga Empat Kali Pagi Ini

Gempa dirasakan hingga Jember

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jembrana, Bali, Senin (12/8) pukul 05.51 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadi beberapa kali gempa susulan.

"Hingga pukul 06.12 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tiga kali gempa bumi susulan (aftershocks)," tulis Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis, Senin (12/8).

BMKG menyebutkan episenter gempa bumi ini terletak di titik koordinat 9,92 Lintang Selatan dan 113,89 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 189 km arah barat daya Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan kedalaman 68 km.

Rahmat menjelaskan gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami, dan dirasakan di beberapa daerah hingga Jember, Jawa Timur.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, Banyuwangi dan Jember II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Jembrana Bali

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya