[BREAKING] 4 Kali Erupsi, Status Gunung Sinabung Siaga

Gunung Sinabung sudah empat kali erupsi

Jakarta, IDN Times - Gunung Sinabung kembali erupsi pada Kamis (13/8/2020) pukul 20.15 WIB. Ini merupakan erupsi keempat kalinya sejak pagi hari ini. Kendati, tinggi kolom malam ini tidak terlihat, karena tertutup kabut.

"Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara pada 13 Agustus 2020 pukul 20.15 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Visual tertutup kabut," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengutip laporan Badan Geologi, Kamis.

Dalam laporan disebutkan saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III atau Siaga. Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Selain itu, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," imbau Badan Geologi.

Gunung Sinabung erupsi sejak pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 1.000 meter di atas permukaan puncak Sinabung. Kemudian disusul erupsi pada pukul 08.31 WIB dengan semburan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak Sinabung.

Sinabung kembali erupsi pada pukul 13.08 WIB, dengan menyemburkan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas permukaan puncak gunung tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Erupsi Lagi, Sinabung Semburkan Kolom Abu 2.000 Meter

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya