Comscore Tracker

Tertutup Kabut, Gunung Sinabung Erupsi Keempat Kali Saat Malam

Sudah 7 kali erupsi dalam sepekan

Jakarta, IDN Times - Gunung Sinabung kembali tercatat kembali erupsi, Kamis (13/8/2020) sekitar pukul 20.15 WIB. Ini erupsi keempat kalinya Sinabung dalam empat kali.

Kendati, tinggi kolom malam ini tidak terlihat, karena tertutup kabut."Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara pada 13 Agustus 2020 pukul 20.15 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Visual tertutup kabut," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengutip laporan Badan Geologi, Kamis.

Baca Juga: [BREAKING] Erupsi Lagi, Sinabung Semburkan Kolom Abu 2.000 Meter

1. Warga diimbau gak dekati zona merah

Tertutup Kabut, Gunung Sinabung Erupsi Keempat Kali Saat MalamPetani membersihkan tanaman brokoli dan cabai rawit yang tertutup debu vulkanik pascaerupsi Gunung Sinabung di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (11/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Dalam laporan disebutkan saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III atau Siaga. Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Selain itu, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," imbau Badan Geologi.

2. Sinabung erupsi sejak pagi

Tertutup Kabut, Gunung Sinabung Erupsi Keempat Kali Saat Malam

Gunung Sinabung erupsi sejak pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 1.000 meter di atas permukaan puncak Sinabung. Kemudian disusul erupsi pada pukul 08.31 WIB dengan semburan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak Sinabung.

Sinabung kembali erupsi pada pukul 13.08 WIB, dengan menyemburkan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas permukaan puncak gunung tersebut.

3. Sinabung masih berada di level siaga

Tertutup Kabut, Gunung Sinabung Erupsi Keempat Kali Saat MalamSejumlah pengendara melintas di Jalan Karo-Langkat dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Kutarayat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/

Saat ini Sinabung berada pada Status Level III (Siaga). Dalam sepekan terakhir, sudah enam kali Sinabung erupsi.

Armen mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Sinabung. Kemudian pada radius sektoral 5 m untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” pungkasnya.

Baca Juga: Pagi Ini Gunung Sinabung 3 Kali Erupsi, Kolom Abu Tertinggi 2 Km

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya