Comscore Tracker

Orang Terkaya Tiongkok Menghilang, Ke Mana Jack Ma?

Sejak pidato kritik pemerintah Tiongkok Jack Ma tak muncul

Jakarta, IDN Times – Orang terkaya di Tiongkok sekaligus Pendiri dan Ketua Eksekutif Alibaba Group, Jack Ma sudah dua bulan tak terlihat dari publik. Kabar itu ramai dibicarakan media internasional. 

Menurut Yahoo Finance, Ma menghilang setelah perselisihannya dengan pemerintah Tiongkok. Sebabnya IPO bisnis Ma terganjal. Soalnya pemerintah Tiongkok sebelumnya meluncurkan investigasi antitrust terhadap kerajaan bisnis Ma terkait pajak dan menjatuhkan denda senilai miliaran rupiah.

1. Tidak muncul sebagai juri

Orang Terkaya Tiongkok Menghilang, Ke Mana Jack Ma?Ussfeed.com

Kabar hilangnya Jack Ma bukan tanpa bukti. Pria kelahiran 10 September 1964 itu telah absen dari acara pencarian bakatnya, Africa’s Business Heroes, di mana dia seharusnya menjadi juri, menurut laporan media Inggris Telegraph. Fotonya juga dihapus dari situs web acara itu, tambah media itu.

Africa’s Business Heroes merupakan acara pencarian bakat yang memberikan peluang bagi wirausahawan Afrika untuk bersaing memperebutkan dana sebesar 1,5 juta dolar Amerika.

Baca Juga: Profil Jack Ma, Orang Terkaya Pendiri Alibaba yang Kini Menghilang

2. Tanggapan Alibaba

Orang Terkaya Tiongkok Menghilang, Ke Mana Jack Ma?Alibaba (Website/forbes.com/Gilles Sabrie/Bloomberg)

Menanggapi kabar hilangnya Ma, seorang juru bicara Alibaba mengatakan Ma tidak dapat menjadi juri di acara tersebut karena memiliki jadwal di tempat lain, menurut Financial Times.

Sebelumnya Jack Ma telah mengumumkan dirinya pensiun dari Alibaba mulai 10 September 2018, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-54. Ia resmi meninggalkan jabatannya setahun kemudian. Daniel Zhang yang saat itu menjabat kepala eksekutif Alibaba, menggantikan Ma sebagai ketua eksekutif.

Sebelum menjadi pebisnis, Jack Ma berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris. Ia mendirikan Alibaba pada tahun 1999.  Kantor pertamanya berupa apartemen di Hangzou dengan hanya 18 orang pekerja, tapi kini Alibaba telah menjelma menjadi perusahaan raksasa kelas dunia.

3. Mengkritik pemerintah Tiongkok

Orang Terkaya Tiongkok Menghilang, Ke Mana Jack Ma?ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Sebelum menghilang, Ma pernah berselisih dengan pemerintah Tiongkok. Kerajaan bisnisnya, Ant Group, telah diawasi oleh pemerintah Tiongkok sejak Ma menyampaikan pidato kontroversial di Shanghai pada 24 Oktober.

Dalam pidato itu ia mengkritik sistem regulasi Tiongkok karena menghambat inovasi, dan menyamakan aturan perbankan global dengan “klub orang tua”.

“Sistem keuangan saat ini adalah warisan dari Era Industri,” kata Ma dalam pidatonya.

“Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini.”

Lebih dari seminggu kemudian, penawaran umum perdana (IPO) Ant, yang memiliki valuasi senilai 37 miliar dolar AS, ditangguhkan di Shanghai Stock Exchange (SSE). Padahal, IPO itu telah menerima lampu hijau dari pengawas sekuritas Tiongkok dan digadang-gadang jadi salah satu IPO terbesar di dunia.

4. Tanggapan tokoh

Orang Terkaya Tiongkok Menghilang, Ke Mana Jack Ma?ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin

Pascapengumuman penangguhan IPO itu, SSE mengatakan Ant memiliki masalah signifikan seperti perubahan lingkungan regulasi teknologi keuangan. Tetapi investor AS Mark Mobius mengatakan langkah itu telah dirancang untuk membatasi lembaga keuangan menjadi terlalu besar.

“Saya yakin pemerintah Tiongkok turun tangan karena mereka menyadari bahwa mereka harus mengatur perusahaan-perusahaan ini, sehingga mereka tidak… menjadi terlalu besar,” katanya kepada CNBC.

“Pemerintah Tiongkok menyadari fakta bahwa mereka tidak dapat mengizinkan perusahaan yang mendominasi sektor tertentu dan khususnya sektor keuangan.”

Selain menangguhkan IPO Ant, otoritas Tiongkok juga telah meluncurkan investigasi anti-monopoli terhadap Alibaba pada akhir Desember dan meminta Ant Group untuk merestrukturisasi operasinya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Elon Musk, Orang Terkaya Kedua di Dunia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya