Comscore Tracker

Total 116 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

62 persen berangkat dengan risiko tinggi

Medan, IDN Times - Jemaah Calon Haji (JCH) seluruh kelompok terbang (Kloter) Embarkasi Medan sudah berangkat. Keberangkatan terakhir dilakukan hari ini, Senin (5/8).

Pada Kloter terakhir, jemaah yang diberangkatkan berjumlah 346 jemaah. Namun ada calon-calon haji yang gagal berangkat. Ini sebabnya.

1. Sebanyak 116 calon haji gagal berangkat

Total 116 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat, Ini SebabnyaIDN Times/Prayugo Utomo

Dari keseluruhan jumlah calon haji yang berangkat, ada juga yang gagal. Tercatat ada 116 calon haji yang gagal berangkat.

"Alhamdulillah,pemberangkatan kloter 22, pemberangkatan terakhir kloter embarkasi Kualanamu Medan sudah kita lakukan. Sehingga sebanyak 8.652 (jamaah calon haji) sudah kita berangkatkan,"ucap Iwan Zulhami, seusai melepas kloter 22 di Asrama Haji Medan.

Artinya 98,16 persen jemaah yang sudah diberangkatkan.

Baca Juga: 163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 Tahun

2. Alasan gagal berangkat karena sakit, hamil hingga meninggal dunia

Total 116 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat, Ini SebabnyaIDN Times/Prayugo Utomo

Alasan para calon haji gagal diberangkatkan lantaran sakit, meninggal, hamil dan lainnya. Penundaan keberangkatan sudah dilakukan sesuai prosedur.

"Insyaallah, kalo keadaan mereka sehat, serta mengajukan permohonan untuk berangkat pada tahun depan, maka tahun depan akan kita berangkatkan,"sebutnya.

3. 62 persen calon haji dalam resiko tinggi

Total 116 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat, Ini SebabnyaIDN Times/Prayugo Utomo

Selain itu Iwan juga menyampaikan untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dari keseluruhan jemaah yang diberangkatkan, 62 persen diantaranya merupakan jemaah dengan resiko tinggi atau lansia.

"Kita berharap agar mereka sehat di sana, bisa menjalankan semua rukun dan syarat haji dan kembali ke tanah air dengan sehat wal afiat," pungkasnya.

Baca Juga: Raja Habib Masih 20 Tahun, Jadi Calon Jemaah Haji Termuda Asal Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya