Comscore Tracker

Disebut Meninggal Korban Tsunami 2004, Ternyata Polisi Ini Ada di RSJ

Kisah Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep viral!

Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep viral di jagat maya sejak kemarin. Ia sempat hilang dan dinyatakan meninggal dunia dalam peristiwa gempa dan tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Kemarin, Rabu (17/3/2021) keberadaan personel lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000, diketahui berada di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Yuk simak kisahnya:

1. Viral di media sosial Instagram

Disebut Meninggal Korban Tsunami 2004, Ternyata Polisi Ini Ada di RSJTangkap layar unggahan foto Abrip Asep di Instagram (Istimewa)

Asep adalah seorang anggota Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor yang ditugaskan dalam pasukan Bantuan Keamanan Operasional Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Kepolisian Daerah Aceh, sempat dinyatakan hilang dan tewas dalam peristiwa gempa dan tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Sehingga ia diberi kenaikan pangkat anumerta.

Kisah hilang serta keberadaan Asep yang kemudian ditemukan, begitu cepat menyebar di jagat maya.

Di Instagram, kisah itu diunggah sebuah akun, bernama @ndorobeii, pada Rabu (17/3/2021). Akun tersebut mengunggah foto Ajun Brigadir Polisi Asep dengan seragamnya di masa lalu dan pria diduga Asep masa sekarang.

Unggahan yang dibubuhkan judul "Hilang Saat Tsunami Aceh Polisi Asep Kini Ditemukan di Rumah Sakit Jiwa," tersebut mendapatkan berbagai respon dari warganet.

Foto yang diunggah dengan keterangan kisah itu pun disukai lebih 23 ribu orang dengan 670 lebih komentar.

Baca Juga: Langgar Syariat Islam, 19 Perempuan di Banda Aceh Ditangkap Malam Hari

2. Ia dikunjungi oleh rekan-rekan polisi

Disebut Meninggal Korban Tsunami 2004, Ternyata Polisi Ini Ada di RSJTangkap layar unggahan foto Abrip Asep bersama rekan kepolisian di Instagram (Istimewa)

Usai unggahan mengenai Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep viral di media sosial, sejumlah personel polisi langsung melakukan kunjungan ke rumah sakit jiwa tempatnya dirawat.

Informasi itu juga disiarkan di Instagram oleh akun, @ndorobeii yang diunggah pada Rabu (17/3/2021).

Tampak sejumlah personel dari Kepolisian Daerah Aceh duduk dan berdiri dengan seorang pria yang diduga Asep (mengenakan baju pasien rumah sakit jiwa warna merah).

Unggahan itu juga direspon hingga lebih 15 ribu suka dan 390 lebih komentar.

3. Sekilas kisah Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep

Disebut Meninggal Korban Tsunami 2004, Ternyata Polisi Ini Ada di RSJ

Berikut ringkasan sekilas kisah Ajun Brigadir Polisi Anumerta Asep yang diunggah oleh akun, @ndorobeii dan dikutip ulang IDN Times.

Gembira bercampur bingung saat seorang sahabat menginformasikan telah ditemukan seorang personel polisi bernama Asep yang bertugas sebagai pasukan Bantuan Keamanan Operasional Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Kepolisian Daerah Aceh dan bertugas sebagai Poskotis Brimob Peukan Bada, Aceh Besar tahun 2004.

Saat itu Asep masih sebagai Bhayangkara Muda dan menyemat pangkat sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip). Beliau adalah lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000.

Ketika tsunami mengguncang Aceh pada tahun 2004, beliau sedang bertugas pada posko pengamanan, mengingat waktu itu Aceh sedang bergejolak politik dengan adanya Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Tsunami pagi itu menyapu bersih posko tempat Asep bertugas bersama seluruh bangunan lainnya yang ada hingga rata tanah dan menelan korban jiwa hingga puluhan ribu jiwa. Asep dilaporkan hilang sebagai akibat bencana Tsunami Aceh dan digelar sebagai Abrip Anumerta Asep.

Perasaaan haru para sahabat di Kepolisian Daerah Aceh, saat ada informasi dari pihak Rumah Sakit Jiwa Aceh kalau salah satu pasiennya diduga adalah personel Kepolisian Republik Indonesia.

Brigadir Kepala Indra bersama rekan-rekannya langsung ke rumah sakit dan mendapati Asep sedang berada ditengah para pasien ODGJ (orang dalam gangguan jiwa).

Saat mereka datang Ajun Brigadir Polisi Asep tidak merespon dengan normal. Hal inipun bisa dimaklumi.

Sampai sejauh ini pihak rumah sakit telah mencocokan ciri fisik serta ciri lainnya dan mendekati ciri seorang Ajun Brigadir Polisi Asep. Kecocokan ini masih perlu koordinasi dengan pihak keluarganya di Palembang.

Suasana hari ini belum bisa digambarkan dengan kata-kata lantaran rasa haru yang tak berpenghabisan dari para sahabat apalagi keluarga.

Enam belas tahun tiga bulan, Ajun Brigadir Polisi Asep hilang dan dikabarkan sudah meninggal dunia akibat sapuan Tsunami Aceh 2004 kini ditemukan kembali sebagai seorang yang sempurna meski mengalami gangguan jiwa.

Rasa syukur pun tak henti-hentinya bagi Sang Khalik pemberi kehidupan atas mukjizat ini. Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia akan berbahagia atas informasi ini.

Terima kasih infonya @yuri_mbeling

Baca Juga: Ulang Tahun, 10 Potret Transformasi Nikita Mirzani di Usia 35 Tahun

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya