Comscore Tracker

Uji Coba Sekolah New Normal di Aceh, Ada Masuk Pagi dan Siang

Setiap kelas dibagi menjadi dua sesi pertemuan

Banda Aceh, IDN Times - Sejumlah sekolah di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh melakukan uji coba proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah, pada Rabu (2/12/2020). Salah satu sekolah yang melaksanakan adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Banda Aceh, di Kota Banda Aceh, Aceh.

Sekolah Dasar Negeri 1 Banda Aceh, Ramli mengatakan, sehari sebelum menjalankan proses belajar mengajar secara tatap muka di masa new normal ini, pihak sekolah telah menerima masker dari Pemerintah Provinsi Aceh yang diserahkan melalui Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Hari ini pertama sekolah, khusus untuk Sekolah Dasar Negeri 1. Hari ini kita bagi bersama -maskernya- dan sekolahnya besok sudah berlanjut,” kata Kepala, saat dijumpai IDN Times, Rabu (2/12/2020).

1. Terapkan protkes dan setiap kelas dibagi menjadi dua sesi pertemuan

Uji Coba Sekolah New Normal di Aceh, Ada Masuk Pagi dan SiangSD Negeri 1 Banda Aceh, mulai uji coba proses belajar mengajar secara tatap muka (IDN Times/Saifullah)

Sistem belajar mengajar secara tatap muka yang mulai dilakukan hari ini hingga kedepan nanti tidak akan sama seperti sebelum Virus Corona atau COVID-19 mewabah.

Ramli menyampaikan, pihaknya akan menerapkan dua sesi pertemuan setiap kelas, misalnya kelas yang biasa diisi 32 orang akan dibagi menjadi dua atau masing-masing 16 orang siswa. Sesi pertama akan belajar mulai pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 11.00-14.00 WIB.

Tak hanya itu, tataan duduk siswa di dalam kelas pun diatur berjarak. Selain itu, di lingkungan sekolah juga telah disediakan beberapa titik tempat untuk mencuci tangan.

“Kita menggunakan sistem seperti itu indikatornya untuk memutuskan mata rantai virus -COVID-19-,” ujar Ramli.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

2. Peran orang tua diperlukan selama masa uji coba belajar tatap muka

Uji Coba Sekolah New Normal di Aceh, Ada Masuk Pagi dan SiangIlustrasi Sekolah mulai uji coba proses belajar mengajar secara tatap muka (IDN Times/Saifullah)

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, peran orang tua sangat dibutuhkan selama uji coba pelaksanaan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Orang tua harus mengingat dan memberikan pemahaman kepada anak-anaknya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Siswa juga harus dibekali makanan dan minuman dari rumah, sebab tidak dibenarkan untuk membuka kantin sekolah untuk mengurangi kerumunan siswa.

“Orang tua untuk melengkapi pembekalan anak-anak ke sekolah, mulai dari masker sampai makanan dan minuman ala kadar ketika di sekolah. Tujuannya agar anak-anak tidak berkeliaran di luar,” kata Aminullah.

3. Jika masa uji coba ini berhasil, maka proses belajar secara tatap muka tetap berlanjut

Uji Coba Sekolah New Normal di Aceh, Ada Masuk Pagi dan SiangSD Negeri 1 Banda Aceh, mulai uji coba proses belajar mengajar secara tatap muka (IDN Times/Saifullah)

Meski Kota Banda Aceh belum masuk sebagai zona hijau kasus COVID-19, namun Aminullah mengakui bahwa ibu kota Provinsi Aceh saat ini masih baik-baik saja. Oleh karena itu, apabila nantinya uji coba proses belajar mengajar ini tidak mempengaruhi jumlah kasus di Banda Aceh, maka pemerintah akan melaksanakan pembelajaran secara tatap muka.

“Jika nanti kita mampu menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan tidak membuat penambahan jumlah kasus COVID-19 di Aceh, maka sekolah ini akan kita lanjutkan,” ujar Aminullah.

“Kita harapkan Desember ini akan masuk dalam zona hijau,” tambah wali kota Banda Aceh itu.

Baca Juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Aceh, Dibagi Masuk Pagi dan Siang

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya