Stok Cadangan Beras Aceh Tahun 2023 di Bulog Capai 11.744 Ton

Telah disalurkan 1.533 ton beras SPHP pada awal Januari 2023

Banda Aceh, IDN Times - Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh memastikan fungsi stabilisasi harga pangan khususnya beras terus berjalan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Tanah Rencong.

Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau yang juga dikenal dengan Operasi Pasar beras tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meredam gejolak kenaikan harga beras di pasaran.

1. Perum Bulog Kanwil Aceh telah salurkan 1.533 ton beras SPHP awal Januari

Stok Cadangan Beras Aceh Tahun 2023 di Bulog Capai 11.744 TonPenyaluran beras. (Dokumentasi Humas Perum Bulog Kanwil Aceh untuk IDN Times)

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Aceh, Irsan Nasution mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan 1.533 ton beras SPHP pada awal Januari 2023 guna meredam kenaikan harga.

Tidak hanya itu, untuk memastikan operasi pasar berjalan lancar seperti 2022 yang mampu menyalurkan beras capai 30.463 ton, Perum Bulog Kanwil Aceh juga telah mengeluarkan  instruksi ke seluruh jajaran di seluruh wilayah Tanah Rencong.

“Kami mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada kenaikan harga,” kata Irsan, dalam keterangan tertulis, pada Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Gawat! Rumah Kepala Desa di Langkat Dilempar Bom Molotov

2. Belum memasuki musim panen pengaruhi harga di pasar

Stok Cadangan Beras Aceh Tahun 2023 di Bulog Capai 11.744 TonPenyaluran beras. (Dokumentasi Humas Perum Bulog Kanwil Aceh untuk IDN Times)

Ketersediaan barang di pasar saat ini diakui Irsan, tidak banyak sehingga mempengaruhi sedikit kenaikan harga dikarenakan belum musim panen raya. Oleh karena itu, operasi pasar berlangsung intensif.

Sementara itu, kebijakan mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton melalui Perum Bulog bertujuan menahan laju kenaikan harga beras. Dengan adanya impor beras dan pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) terpenuhi, maka harga beras di pasaran dipastikan akan terkendali.  

Kedatangan beras impor menjadikan stok cadangan beras pemerintah di Bulog Aceh kini menjadi 11.744 ton. Tambahan beras impor semata-mata memperkuat cadangan beras nasional sampai datangnya musim panen raya pada Maret 2023.

“Jumlah ini cukup untuk kebutuhan penyaluran sampai dengan panen raya,” ujar Irsan.

3. Berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna menjaga kestabilan harga beras

Stok Cadangan Beras Aceh Tahun 2023 di Bulog Capai 11.744 TonPenyaluran beras. (Dokumentasi Humas Perum Bulog Kanwil Aceh untuk IDN Times)

Selain mendapatkan tambahan stok beras impor, Perum Bulog Kanwil Aceh juga terus dan aktif memaksimalkan penyerapan pada saat panen raya mendatang. Harapannya semua stok cadangan beras pemerintah pada tahun ini bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri sendiri.

“Bulog Aceh juga saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap berada pada kondisi stabil atau tidak mengalami lonjakan yang tinggi,” tutupnya.

Baca Juga: Dilarang Salat ke Masjid, 5 Santri di Aceh Dicabuli Wali Kelasnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya