Salat Idul Fitri di Banda Aceh Dipusatkan di Lapangan Blang Padang

Masjid Raya Baiturrahman menjasi opsi kedua bila hujan

Banda Aceh, IDN Times - Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi untuk wilayah Kota Banda Aceh dan sekitarnya akan dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Kecamatan Baiturrahman, pada Sabtu (22/4/2023).

"Untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini dipastikan akan dilaksanakan di Blang Padang," kata Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, EMK Alidar, Jumat (21/4/2023).

1. Bila cuaca tidak mendukung akan dipindahkan ke Masjid Raya Baiturrahman

Salat Idul Fitri di Banda Aceh Dipusatkan di Lapangan Blang PadangMasjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Pelaksanaan Salat Idul Fitri bukanlah kali pertama dilaksanakan di Blang Padang. Sebelum wabah COVID-19 melanda Indonesia termasuk Aceh, sudah beberapa kali salat hari raya dilaksanakan di sana.

Meski telah menetapkan Lapangan Blang Padang sebagai lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun ini. Akan tetapi Masjid Raya Baiturrahman akan dijadikan opsi kedua bila kondisi tidak mendukung.

"Jika cuaca tidak mendukung atau hujan maka akan dipindahakan ke Masjid Raya Baiturrahman kembali," ujar Alidar.

Baca Juga: Potret Pelaksanaan Salat Idul Fitri Muhammadiyah di Medan 

2. Meski kelengkapan telah dipersiapkan, warga tetap disarankan wudhu dari rumah

Salat Idul Fitri di Banda Aceh Dipusatkan di Lapangan Blang Padang

Segala keperluan untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri di Lapangan Blang Padang, dikatakan Alidar, telah disiapkan panitia. Mulai dari pengecekan arah kiblat, memasang batas saf jemaah, hingga menyiagakan dua mobil tangki untuk tempat berwudhu.

"Menyediakan tempat berwudhu bagi jemaah yang lupa berwudhu atau batal wudhu ketika sampai lokasi," kata Alidar.

Meski telah menyiagakan, Alidar mengimbau kepada jemaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Lapangan Blang Padang agar berwudhu serta membawa sajadah dan perlengkapan masing-masing dari rumah.

3. Imam besar Masjid Raya Baiturrahman langsung memimpin salat

Salat Idul Fitri di Banda Aceh Dipusatkan di Lapangan Blang PadangPelaksanaan Salat Idulfitri di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh. (Foto: Antara)

Pelaksanaan Salat Idul Fitri besok, dikatakan Alidar, akan diimami langsung oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh, Teungku (Tgk) Zamhuri Ramli.

Sementara itu, yang akan menjadi khatib sekaligus memberikan ceramah Hari Raya Idulfitri adalah Tgk Syahminan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry.

Baca Juga: Musim Kemarau, Suhu di Aceh Capai 34,6 Derajat dan Sinar UV Ekstrem

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya