Mesin Rusak, Pesawat Hercules TNI AU Mendarat Darurat di Aceh Utara

Angkut 38 personel dan logistik dari Medan ke Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Pesawat Hercules C-130 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dengan Nomor Registrasi A 1321 melakukan pendaratan darurat di Bandara milik PT Exxon Mobil Oil Indonesia di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara Aceh, pada Senin (13/1).

Informasi mengenai mendaratnya pesawat Hercules C-130 tersebut pertama kali IDN Times ketahui melalui postingan video yang diunggah salah satu akun Instagram bernama @mythaa.15 dalam fitur Instagram Stories miliknya.

Di beberapa video yang diunggah tersebut, menampilkan pesawat sedang mendarat hingga terparkir di bandara. Pesawat berbadan besar itu pun menarik perhatian warga sekitar sehingga tampak begitu ramai warga yang mencoba mengabadikan momen tersebut.

Pendaratan itu pun dibenarkan oleh Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (Danlanud SIM), Kolonel Pnb Hendro Arief H. “Benar ada pesawat Hercules mendarat di Bandara Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara,” kata Hendro saat dikonfirmasi, Senin (13/1/) malam.

1. Pesawat mengalami permasalahan pada mesin

Mesin Rusak, Pesawat Hercules TNI AU Mendarat Darurat di Aceh UtaraTangkap layar dari video Pesawat Hercules C-130 yang mendarat darurat di Aceh Utara (Dok. Istimewa)

Hendro menyampaikan, pesawat Hercules C-130 mengalami permasalahan teknis saat sedang melakukan penerbangan. Oleh karena itu, pilot harus segera mendarat secara darurat di bandara milik perusahaan pertambangan minyak bumi dan gas tersebut.

“Dikarenakan mengalami permasalahan teknis dan mengharuskan untuk mendarat,” ujar Hendro.

Baca Juga: Tolak Tawaran Klub Thailand dan Brasil, Bruno Dybal Pilih Persiraja

2. Sedang mengangkut dukungan penerbangan milik TNI AU

Mesin Rusak, Pesawat Hercules TNI AU Mendarat Darurat di Aceh UtaraTangkap layar dari video Pesawat Hercules C-130 yang mendarat darurat di Aceh Utara (Dok. Istimewa)

Pesawat dengan nomor Registrasi A 1321 milik TNI AU, dikatakan Hendro, sebelumnya akan melakukan penerbangan dengan rute dari Lanud Soewondo, Kota Medan, Sumatera Utara menuju Bandara Malikus Saleh, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

“Pesawat sedang melaksanakan dukungan penerbangan angkutan umum militer, dengan membawa logistik militer, personel TNI AU dan kru pesawat,” kata Hendro.

Rute pesawat yang mengangkut logistik militer serta 38 prajurit TNI AU dan 14 kru itu merupakan perjalanan rutin setiap bulannya. Usai menurunkan suplai di Bandara Malikus Saleh, pesawat rencananya akan melanjutkan penerbangan ke Lanud Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar dan Lanud Maimun Saleh, Kota Sabang.

3. Besok akan kembali lagi melanjutkan penerbangan

Mesin Rusak, Pesawat Hercules TNI AU Mendarat Darurat di Aceh UtaraTangkap layar dari video Pesawat Hercules C-130 yang mendarat darurat di Aceh Utara (Dok. Istimewa)

Hendro menyebutkan, hingga kini pesawat milik TNI AU tersebut masih berada di bandara milik PT Exxon Mobil Oil Indonesia dan masih dilakukan perbaikan. Jika tidak ada kendala lainnya, kemungkinan pesawat akan kembali melanjutkan penerbangan besok atau Selasa (14/1).

“Alhamdulilah, semuanya  aman dan saat ini pesawat masih dalam perbaikan di Lhoksukon dan rencananya besok akan ada dukungan tim pemeliharaan lapangan untuk perbaikan pesawat tersebut,” jelas Danlanud SIM.

Baca Juga: Istri Hakim Jamaluddin Janjikan Umrah Bareng pada Pelaku Pembunuhan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya