Mengenal Prof Marwan, Rektor Baru Universitas Syiah Kuala

Prof Marwan unggul lebih 100 suara dari calon lainnya

Banda Aceh, IDN Times - Universitas Syiah Kuala (USK) telah menggelar Rapat Senat dalam rangka pemilihan rektor yang dilaksanakan di Gedung AAC Dayan Dawood, pada Senin (24/1/2022) kemarin.

Hasil dari rapat tertutup tersebut, Prof DR Ir Marwan diputuskan terpilih sebagai rektor dan memimpin kampus berjulukan Jantong Hatee Rakyat Aceh itu untuk periode 2022-2026.

"Alhamdulillah, seluruh proses pemilihan Rektor ini telah berjalan lancar. Hasilnya, Prof Marwan terpilih sebagai Rektor USK selanjutnya" kata Ketua Senat USK Prof Dr Ir Abubakar MS, dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/1/2022).

1. Prof Marwan adalah Alumni ITS Surabaya

Mengenal Prof Marwan, Rektor Baru Universitas Syiah KualaProf Marwan, rektor terpilih Universitas Syiah Kuala. (Foto: Istimewa)

Untuk diketahui, Prof Marwan merupakan dosen Teknik Kimia di Fakultas Teknik USK. Lulusan sarjana di Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya pada tahun 1990 tersebut, saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I USK.

Ia kemudian mendapatkan beasiswa dan berhasil meraih gelar doktor (PhD)-nya untuk bidang Teknik Kimia di University of Birmingham, pada tahun 1998 Inggris.

Prof Marwan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik USK untuk periode tahun 2009-2013. Di tingkat nasional Marwan pernah menjadi Anggota Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2006-2012.

Sementara di daerah, Ia pernah menjadi Ketua Komisi Pendidikan Tinggi Majelis Pendidikan Daerah Aceh pada tahun 2013-2016.

2. Prof Marwan unggul jauh dari dua calon lainnya

Mengenal Prof Marwan, Rektor Baru Universitas Syiah KualaHasil pemilihan rektor Universitas Syiah Kuala. (Foto: Istimewa)

Abubakar mengatakan, dalam proses pemilihan rektor, suara Senat USK yakni 65 persen. Sementara 35 persen lainnya adalah suara menteri.

Rapat itu dihadiri seluruh anggota senat yang berjumlah 95 orang. Sedangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim tidak dapat hadir, sehingga suaranya disampaikan kepada penerima kuasa yaitu Direktur Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Muhammad Sofwan Efendi.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, Prof Marwan berhasil meraih suara terbanyak yaitu 118 suara. Sedangkan calon lainnya, yaitu DR Ir Mirza Irwansyah MBA meraih 18 suara dan DR Ir Iskandar A Gani SH MHum sebanyak 10 suara," ucapnya.

Hasil pemilihan, dikatakan Abubakar, akan disampaikan kepada Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk segera mendapatkan persetujuan dan pengangkatan sebagai rektor terpilih.

Baca Juga: 250 Dosen dan Pegawai Positif COVID-19, Syiah Kuala Lanjut Daring

3. Pesan Samsul Rizal untuk rektor baru

Mengenal Prof Marwan, Rektor Baru Universitas Syiah KualaRektor Universitas Syiah Kuala, Prof Samsul Rizal (Dok. Humas Unsyiah)

Terpilihnya Prof Marwan sebagai rektor terpilih turut disambut oleh Rektor USK Prd, DR Ir Samsil Rizal MEng IPU ASEAN Eng. Dia yang akan mengakhiri masa jabatannya dalam beberapa hari lagi, mengajak seluruh anggota senat serta tiga calon rektor USK untuk kembali mengeratkan semangat kebersamaan untuk kemajuan kampus selanjutnya.

"Kita patut bersyukur seluruh proses pemilihan ini berjalan lancar dan tidak ada gesekan. Walaupun pilihan kita berbeda namun, kita masih dalam satu semangat bersama," kata Samsul Rizal.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Rektor Unsyiah, Ini 3 Nama Kandidatnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya