Lima Jemaah Haji Aceh Meninggal, Satu Masih Dirawat di Rumah Sakit

Seluruh kloter sudah tiba di Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Kelompok Terbang (Kloter) 6 jemaah haji Embarkasi Aceh, telah kembali ke Tanah Air menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA3210, pada Senin (1/8/2022) malam.

Rombongan ini berangkat dari Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MED), pada Senin (1/8/2022) sekitar pukul 09.41 Waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, di hari yang sama sekitar pukul 21.21 WIB.

1. Kloter terakhir yang tiba di Aceh

Lima Jemaah Haji Aceh Meninggal, Satu Masih Dirawat di Rumah SakitJemaah haji Kloter 6 Embarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (Dokumentasi Humas Kanwil Kemenag Aceh untuk IDN Times)

Koordinator Hubungan Masyarakat (Humas) dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri mengatakan, pemulangan Kloter 6 bergabung dengan jemaah Kloter 10-KNO (Medan).

Kloter yang berjumlah 62 orang tersebut menjadi kelompok terakhir jemaah haji Embarkasi Aceh. Artinya seluruh jemaah haji asal Aceh telah kembali di bumi Serambi Mekah.

"Alhamdulillah, fase pemulangan jemaah haji Aceh tahun ini telah selesai," kata Tajri, dalam keterangan tertulis, pada Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Jual Chip Higgs Domino Island, Seorang PNS di Aceh Dicambuk  

2. Jemaah haji yang kembali ke Aceh 1.998 orang

Lima Jemaah Haji Aceh Meninggal, Satu Masih Dirawat di Rumah SakitJemaah haji Kloter 6 Embarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (Dokumentasi Humas Kanwil Kemenag Aceh untuk IDN Times)

Tajri menyampaikan,, dari 2.022 jemaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi, hanya 1.998 jemaah yang kembali ke tanah air. Empat jemaah meninggal dunia di Arab Saudi.

"Kita sudah menerima kepulangan 1.998 jemaah dari Arab Saudi, masing-masing 1.567 jemaah kita dari Jeddah dan 451 jemaah dari Madinah," ujarnya.

3. Jumlah jemaah yang meninggal dunia jadi lima orang

Lima Jemaah Haji Aceh Meninggal, Satu Masih Dirawat di Rumah SakitIlustrasi jemaah haji (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Sehubungan dengan itu, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh mengatakan, jemaah Kloter 6 tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

"Alhamdulillah, jemaah kloter 6 dalam kondisi baik semua, tidak ada yang kita rujuk ke rumah sakit," kata Yusri.

Dia menambahkan, saat ini satu jemaah masih dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Srimulyani binti Basri (39) dari Kloter 5 asal Kabupaten Aceh Besar karena lemah dan penurunan kondisi pasca-kemoterapi.

"Masih ada satu jemaah Kloter 5 yang dirawat di RSUD dr ZA, kalau ada perkembangan nanti kita informasikan," imbuhnya.

Sementara jemaah Kloter 2 asal Kabupaten Aceh Tenggara yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, pada Rabu (27/7/2022) lalu, meninggal dunia pada Senin (1/8/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, empat jemaah yang meninggal dunia, di antaranya Muslim bin Abdul Wahab Salam (51), Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55), jemaah Kloter 01-BTJ asal Kabupaten Pidie Jaya.

Selanjutnya, Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) dari Kabupaten Aceh Barat dan Intan Sani binti Abdullah (61) asal Kabupaten Aceh Barat Daya dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi dari Kloter 5.

Baca Juga: Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya