Laka Lantas di Aceh Meningkat, 53 Orang Meninggal Sepanjang Januari

Didominasi kecelakaan tunggal

Banda Aceh, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh merilis data kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang Januari 2022. Jumlah kecelakaan diakui mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama.

“Terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda Aceh sebanyak 315 kasus dengan tren peningkatan sebesar 32 persen jika dibandingkan dengan kasus yang terjadi pada Januari 2021,” kata Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi (KBP), Dicky Sandoni, pada Jumat (11/2/2022).  

1. Sepanjang Januari 2022, tercatat 53 orang meninggal dunia

Laka Lantas di Aceh Meningkat, 53 Orang Meninggal Sepanjang JanuariKecelakaan di wilayah hukum Polda Aceh. (Dokumentasi Dit Lantas Polda Aceh untuk IDN Times)

Dicky Sandoni mengatakan, berdasarkan data base evaluasi kasus kecelakaan lalul intas Dit Lantas Polda Aceh, tercatat korban meninggal dunia selama Januari 2022 sebanyak 53 orang dan luka-luka 348 orang terkait fatalitasnya.

“Jika kita rata-rata per hari pada Bulan Januari, terdapat 11 kasus kecelakaan lalu lintas dan dua orang meninggal dunia serta 12 orang terluka akibat peristiwa laka lantas tersebut,” ujarnya.

Sedangkan  data fatalitas korban jiwa pada Januari 2022, kecelakaan pada wilayah Polres Aceh Timur tercatat memiliki fatalitas tertinggi dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak delapan orang, selanjutnya Polres Aceh Besar dengan korban meninggal dunia sebanyak senam orang dan ketiga Polres Lhokseumawe dengan korban jiwa sebanyak lima orang.

Baca Juga: Mini Bus Ringsek di Jalan Tol karena Ban Pecah, 3 Orang Terluka

2. Polresta Banda Aceh menjadi wilayah paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas

Laka Lantas di Aceh Meningkat, 53 Orang Meninggal Sepanjang JanuariKecelakaan di wilayah hukum Polda Aceh. (Dokumentasi Dit Lantas Polda Aceh untuk IDN Times)

Sementara, terkait lokasi kecelakaan tertinggi, wilayah hukum Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh menduduki peringkat pertama dengan total kejadian 59 kali. Selanjutnya Kepolisian Resor (Polres) Bireuen 53 kejadian, dan Polres Aceh Timur 43 kejadian.

“Total ada 315 kejadian yang terjadi selama bulan januari 2022 di Aceh,” sebut Dicky.

3. Kecelakaan tunggal mendominasi, kebanyakan usia produktif

Laka Lantas di Aceh Meningkat, 53 Orang Meninggal Sepanjang JanuariKecelakaan di wilayah hukum Polda Aceh. (Dokumentasi Dit Lantas Polda Aceh untuk IDN Times)

Sehubungan dengan itu, jenis kecelakaan yang paling mendominasi selama Januari 2022 adalah kecelakaan tunggal, yakni 37 persen. Kemudian 14,8 persen jenis kecelakaan tabrak depan maupun samping.

“Dari segi usia korban laka lantas pada Januari 2022 terdapat 38 persen didominasi usia produktif yakni 16-30 tahun sebanyak 206 orang,” kata Dicky.

Untuk waktu terjadinya kecelakaan lalu lintas, paling banyak terjadi di sekitar pukul 06.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, dengan 77 kasus atau 22 persen dari seluruh waktu kejadian laka lantas yang terjadi. Lalu 101 kasus atau 32 persen terjadi di pukul 12.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Baca Juga: Tanda-tanda Koil Mobil Rusak, Segera Ganti Baru!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya