Comscore Tracker

Meski Ilegal, Ini Manfaat Positif dari Daun Ganja

Ternyata bisa untuk kertas dan interior mobil

Aceh Besar, IDN Times - Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja di kawasan Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh beberapa waktu lalu.

Ada tiga pemateri yang diundang untuk membahas mengenai manfaat ganja tersebut. Di antaranya Peneliti Ganja, Prof Dr Musri Musman MSc; Pemerhati Ganja, Teungku Jamaica; dan juga Lingkar Ganja Nusantara, Dhira Narayana.

Diskusi publik yang mengusung tema ‘Potensi Industri Ganja Aceh Sebagai Strategi Pengentasan Kemiskinan’ itu ramai dihadiri kaum millennial.

1. Serat batang ganja dapat dimanfaatkan untuk kertas serta interior mobil

Meski Ilegal, Ini Manfaat Positif dari Daun GanjaKomunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Pemerhati Ganja, Syardani M Syarif yang akrab disapa Teungku Jamaica dalam materinya menyampaikan bahwa pohon ganja bisa dioleh sesuai manfaat masing-masing. Misalnya, serat batang ganja bisa digunakan untuk bahan baku industri kertas.

Jika biasanya bahan baku kertas dari kulit pohon pinus, maka dengan menggunakan serat batang ganja akan lebih mudah didapatkan.

“Ganja juga menjadi solusi untuk kertas. Masa tanam ganja sudah bisa dipanen tiga bulan daripada pinus yang membutuhkan bertahun-tahun,” kata Jamaica.

Tak hanya untuk bahan baku kertas, serat batang ganja juga dikatakan Jamaica bisa dioleh untuk dijadikan interior mobil.

“Selain itu, batang atau serat pohon ganja juga bisa dimanfaatkan untuk membuat interior mobil. Bahkan jika telah diolah untuk interior mobil, harganya bisa lebih mahal,” ujar mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka itu.

Baca Juga: Traveling ke Banda Aceh, Ini 10 Warkop Robusta Bercita Rasa Terbaik

2. Untuk kebutuhan dunia kesehatan

Meski Ilegal, Ini Manfaat Positif dari Daun Ganja- Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Peneliti Ganja, Prof Dr Musri Musman MSc menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, akar serta minyak yang dihasilkan dari serat ganja bisa dimanfaatkan untuk keperluan medis.

“Sejumlah penyakit yang ada seperti, autis, tuli, terbakar, bisa diobati dengan menggunakan akar ganja. Selain itu, untuk minyaknya juga bisa digunakan untuk wanita yang baru selesai bersalin dan juga untuk menumbuhkan rambut,” jelasnya.

3. Perlu adanya peran pemerintah agar bisa memanfaatkan ganja

Meski Ilegal, Ini Manfaat Positif dari Daun Ganja- Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Ketua sekaligus pendiri Lingkar Ganja Nusantara, Dhira Narayana, berharap adanya peran pemerintah untuk melegalkan tanaman yang hingga kini masih dilarang oleh negara. Sebab potensi dari tanaman tersebut dianggap bisa mengentas kemiskinan.

“Ganja itu juga punya potensi untuk menangani permasalahan ekonomi. Dia punya potensi untuk itu. Untuk ganja ini, pemimpin kita yang harus berbicara mengenai hal ini,” ujar Dhira.

Meskipun demikian, jika ganja dimanfaatkan untuk ekonomi, maka tanaman yang termasuk jenis narkotika jenis golongan itu harus dikemas sebaik mungkin. “Kalau ganja ini dilegalkan dengan cara yang umum, dikemas dalam monokultur. Kalau nanti ganja ini legal, nasib petani sama juga kayak petani lainnya, itu berarti gagal dalam mengawalnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Bikin Heboh! Ini Potret Goweser Perempuan Tak Berhijab di Banda Aceh

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya