Ilegal, Ini Manfaat Positif Ganja untuk Dunia Industri dan Kesehatan

Perlu peran pemerintah agar bisa memanfaatkan ganja

Aceh Besar, IDN Times - Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di markas Kamp Biawak yang terletak di kawasan Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Jumat (31/1/).

Ada tiga pemateri yang diundang untuk membahas mengenai manfaat ganja tersebut. Di antaranya Peneliti Ganja, Prof Dr Musri Musman MSc; Pemerhati Ganja, Teungku Jamaica; dan juga Lingkar Ganja Nusantara, Dhira Narayana.

Meski digelar di tempat yang cukup sederhana, diskusi publik yang mengusung tema ‘Potensi Industri Ganja Aceh Sebagai Strategi Pengentasan Kemiskinan’ itu ramai dihadiri para kaula muda.

1. Serat batang ganja dapat dimanfaatkan untuk kertas serta interior mobil

Ilegal, Ini Manfaat Positif Ganja untuk Dunia Industri dan KesehatanKomunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Pemerhati Ganja, Syardani M Syarif yang akrab disapa Teungku Jamaica dalam materinya menyampaikan bahwa pohon ganja bisa dioleh sesuai manfaat masing-masing. Misalnya, serat batang ganja bisa digunakan untuk bahan baku industri kertas.

Jika biasanya bahan baku kertas dari kulit pohon pinus, maka dengan menggunakan serat batang ganja akan lebih mudah didapatkan.

“Ganja juga menjadi solusi untuk kertas. Masa tanam ganja sudah bisa dipanen tiga bulan daripada pinus yang membutuhkan bertahun-tahun,” kata Jamaica.

Tak hanya untuk bahan baku kertas, serat batang ganja juga dikatakan Jamaica bisa dioleh untuk dijadikan interior mobil.

“Selain itu, batang atau serat pohon ganja juga bisa dimanfaatkan untuk membuat interior mobil. Bahkan jika telah diolah untuk interior mobil, harganya bisa lebih mahal,” ujar mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka itu.

Baca Juga: Mau Bawa Ganja ke Kampung, Kurir Ganja asal Langkat Diciduk

2. Untuk kebutuhan dunia kesehatan

Ilegal, Ini Manfaat Positif Ganja untuk Dunia Industri dan Kesehatan- Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Peneliti Ganja, Prof Dr Musri Musman MSc menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, akar serta minyak yang dihasilkan dari serat ganja bisa dimanfaatkan untuk keperluan medis.

“Sejumlah penyakit yang ada seperti, autis, tuli, terbakar, bisa diobati dengan menggunakan akar ganja. Selain itu, untuk minyaknya juga bisa digunakan untuk wanita yang baru selesai bersalin dan juga untuk menumbuhkan rambut,” jelasnya.

3. Perlu adanya peran pemerintah agar bisa memanfaatkan ganja

Ilegal, Ini Manfaat Positif Ganja untuk Dunia Industri dan Kesehatan- Komunitas Kamp Biawak dan The Aceh Institute menggelar diskusi publik terkait manfaat ganja, di Kamp Biawak (IDN Times/Saifullah)

Ketua sekaligus pendiri Lingkar Ganja Nusantara, Dhira Narayana, berharap adanya peran pemerintah untuk melegalkan tanaman yang hingga kini masih dilarang oleh negara. Sebab potensi dari tanaman tersebut dianggap bisa mengentas kemiskinan.

“Ganja itu juga punya potensi untuk menangani permasalahan ekonomi. Dia punya potensi untuk itu. Untuk ganja ini, pemimpin kita yang harus berbicara mengenai hal ini,” ujar Dhira.

Meskipun demikian, jika ganja dimanfaatkan untuk ekonomi, maka tanaman yang termasuk jenis narkotika jenis golongan itu harus dikemas sebaik mungkin. “Kalau ganja ini dilegalkan dengan cara yang umum, dikemas dalam monokultur. Kalau nanti ganja ini legal, nasib petani sama juga kayak petani lainnya, itu berarti gagal dalam mengawalnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Jika Legal, Ganja Diyakini Bisa Mengentaskan Kemiskinan di Aceh

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya