Idul Adha Tahun Ini, 1.853 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Banda Aceh

Kecamatan Kuta Alam paling banyak menyembelih

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Kota Banda Aceh menctatat lebih kurang 1.853 ekor hewan kurban disembelih selama Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1443 Hijriah tahun ini.

Kurban yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat, khususnya bagi mereka kurang mampu tersebut merupakan hewan dari warga serta Pemerintah Kota Banda Aceh.

1. Terdiri 1.410 ekor sapi dan 443 ekor kambing

Idul Adha Tahun Ini, 1.853 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Banda AcehDaging kurban di Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Humass Pemko Banda Aceh untuk IDN Times)

Kepala Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banda Aceh Fahrul Razi mengatakan, data 1.853 ekor hewan tersebut merupakan rekapitulasi laporan petugas dari sembilan kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seluruh kota.

“Terdiri dari 1.410 ekor lembu atau sapi dan 443 ekor kambing,” kata Fahrul, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Senin (11/7/2022).

Secara rinci, hewan kurban dari OPD berjumlah 157 ekor sapi atau lembu dan 78 ekor kambing. Sementara untuk data kurban di gampong yang dilaporkan oleh pihak kecamatan ada sebanyak 1253 ekor sapi atau lembu dan 365 ekor kambing.

Baca Juga: Unik, Pembagian Daging Kurban di Masjid Medan Tuntungan Pakai Daun

2. Kecamatan Kuta Alam paling banyak menyembelih kurban

Idul Adha Tahun Ini, 1.853 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Banda AcehIlustrasi. Penjual kambing kurban. ANTARA FOTO/Rahmad

Fahrul menyampaikan, OPD yang paling banyak melakukan penyembelihan hewan kurban tahun ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yakni sebanyak 183 ekor, terdiri 113 ekor sapi atau lembu dan 70 ekor kambing.

“Untuk tingkat kecamatan adalah Kuta Alam. Totalnya 278 ekor, baik sapi maupun kambing,” ujarnya.

Sementara itu, daging kurban dari para pegawai pemerintah kota, selain disalurkan bagi panti asuhan dan disabilitas, juga distribusikan ke gampong-gampong yang minim hewan kurban serta ke dayah-dayah.

3. Peredaran daging kurban dipastikan bebas virus PMK

Idul Adha Tahun Ini, 1.853 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Banda AcehPemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Sehubungan dengan penyembelihan dan peredaran daging kurban, Fahrul mengatakan, dalam proses pelaksanaan ibadah kurban tahun ini, pihaknya juga telah meminta kepada panitia penyelenggara agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Terutama untuk memastikan peredaran daging kurban bebas infeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini banyak menyerang hewan ternak,” ucapnya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, pihaknya telah menginstruksikan dinas terkait dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

Bagi masyarakat yang melakukan penyembelihan hewan kurban, juga diminta melakukannya di tempat yang telah disediakan oleh panitia kurban di tingkat desa atau dapat dilakukan di rumah pemotongan hewan.

“Karena dinilai aman dan juga mengacu pada standar keamanan dan kelayakan yang ada,” jelasnya.

Dia berharap semua yang melaksanakan kurban di wilayah Kota Banda Aceh supaya memperhatikan protokol kesehatan, serta memeriksakan terlebih dahulu hewan yang akan dikurbankan ke petugas yang telah diturunkan.

“Dengan harapan, kegiatan kurban tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya karena ini merupakan ibadah bagi umat Islam,” sebutnya.

Baca Juga: Uang Perusahaan Habis untuk Judi Online, Pria di Aceh Coba Bunuh Diri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya