Comscore Tracker

Hujan Deras, Ruang Rawat Pasien COVID-19 di Banda Aceh Terendam Banjir

Beberapa pasien terpaksa dievakuasi

Banda Aceh, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur beberapa kabupaten kota di Provinsi Aceh sejak Kamis (7/5). Kota Banda Aceh pun dilanda banjir.

Tak hanya pemukiman warga dan jalan protokol kota, Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin Banda Aceh juga ikut terendam air. Sejumlah pasien terutama kasus Virus Corona atau COVID-19 yang sedang menjalani perawatan terpaksa dievakuasi ke tempat lebih aman.

1. Merendam bagian lama rumah sakit

Hujan Deras, Ruang Rawat Pasien COVID-19 di Banda Aceh Terendam BanjirRuang tempat pasien COVID-19 dirawat yang terendam banjir (Istimewa)

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin, Azharuddin mengatakan, hanya sebagian tempat yang terendam banjir, khususnya lingkungan rumah sakit lama.

"Iya (benar) banjir, terutama di bagian Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin lama semua banjir," kata Azharuddin, saat dikonfirmasi, Jumat (8/5).

Baca Juga: Hujan Deras Terus Menerus, Kota Banda Aceh Dilanda Banjir 

2. Ruang isolasi pasien COVID-19 terendam air

Hujan Deras, Ruang Rawat Pasien COVID-19 di Banda Aceh Terendam BanjirSituasi kawasan rumah sakit lama dari Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh (Istimewa)

Di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin lama, ada sejumlah ruangan yang saat ini dijadikan tempat untuk pasien dirawat. Ruangan itu yakni bernama Ruang Outbreak Pinere.

Tempat untuk isolasi para pasien itu dikatakan Azharuddin ikut terendam banjir, mengingat posisinya berada di rumah sakit lama.

3. Tiga pasien terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman

Hujan Deras, Ruang Rawat Pasien COVID-19 di Banda Aceh Terendam BanjirPlt Gubernur Aceh meninjau kesiapan Ruang RICU RSUD Zainoel Abidin dalam penanganan kasus Corona (IDN Times/Humas Pemprov Aceh)

Azharuddin menyebutkan, ada tiga pasien yang sebelumnya dirawat di Ruang Outbreak Pinere. Akibat banjir, mereka terpaksa dievakuasi ke Ruang ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU).

"Ada tiga orang pasien yang kondisinya saat ini semuanya telah aman dan baik. Kini telah dibawa ke RICU," ungkap direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin.

Baca Juga: Hati-hati! Warga Medan Tak Pakai Masker di Banda Aceh Akan Diusir

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya