Comscore Tracker

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana Corona

Masjid Baiturrahman tetap ramai meski gak seperti biasa

Banda Aceh, IDN Times - Ramadan 1441 Hijriyah dimulai Jumat (24/4) hari ini setelah pemerintah mengumumkan hasil sidang isbatnya berdasar pantauan hilal di berbagai titik wilayah Indonesia. Ini berarti malam tadi, adalah malam tarawih pertama untuk umat muslim.

Tapi tantangannya tahun ini di beberapa kota, salat tarawih tidak digelar seperti biasanya. Terutama di zona merah dan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Hanya saja di beberapa daerah, umat muslim tetap memutuskan tetap menggelar tarawih. Seperti Aceh. Dalam suasana rintik hujan yang terus menerus, Masjid Raya Baiturrahman pun mulai dipadati jemaah.

Ada suasana yang sedikit beda. Sedikit berbanding terbalik dari malam pertama pada Salat Tarawih tahun-tahun sebelumnya yang selalu padat dan tumpah ruah hingga taman di lingkungan masjid.

Sementara itu, jemaah yang mengikuti salat sebagian tampak mengenakan masker. Sedangkan physical distancing atau jaga jarak antara jemaah saat pelaksanaan salat tidak diterapkan. Padahal sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah meminta kepada jemaah untuk memakai masker dan tetap menjaga jarak saat melaksanakan Salat Tarawih selama wabah COVID-19.

1. Suasana tampak begitu lengang di sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman, biasanya jemaah akan memenuhi tempat tersebut pada malam pertama Salat Tarawih

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaSuasana begitu lengang di sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

2. Suasana di dalam Masjid Raya Baiturrahman pada malam pertama Salat Tarawih

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaSuasana Salat Tarawih malam pertama di dalam Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

3. Suasana di luar Masjid Raya Baiturrahman. Biasanya jemaah salat hingga halaman

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaSuasana di luar Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

4. Hanya beberapa jemaah yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaHanya beberapa jemaah Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

5. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana malam pertama Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, lebih lenggang dan sendu

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaTak seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana malam pertama Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, lebih lengang (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Besok Puasa Pertama, Berikut Jadwal Imsakiyah untuk Kota Medan

6. Masih banyak jemaah Salat Tarawih yang tidak mengenakan masker

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaMasih banyak jemaah Salat Terawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, tidak mengenakan masker (IDN Times/Saifullah)

7. Para jemaah sedang mendengarkan ceramah sebelum dilanjutkan dengan Salat Tarawih, di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaPara jemaah sedang mendengarkan ceramah sebelum dilanjutkan dengan Salat Tarawih, di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

8. Suasana di pintu utama atau di sisi barat Masjid Raya Baiturrahman

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaSuasana di pintu utama di sisi barat Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

9. Para jemaah tampak khidmat beribadah, namun sayangnya tidak ada tampak penerapan social distancing atau jaga jarak antara jemaah

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaPara jemaah tampak khidmat beribadah di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, namun sayangnya tidak ada tampak social distancing atau jaga jarak antara jemaah (IDN Times/Saifullah)

10. Warga saat melintas gapura yang ada di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman

10 Potret Tarawih Pertama di Bumi Serambi Makkah Dalam Suasana CoronaWarga saat melintas gapura yang ada di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih di Rumah Beserta Dalilnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya