Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 

Jemaah gak seramai biasa dan gak ada pembatasan jarak

Banda Aceh, IDN Times - Rintik hujan tak kunjung reda meski azan Isya telah berkumandang dan bergema di langit Kota Banda Aceh, Kamis (23/4) malam. Suasana Masjid Raya Baiturrahman tampak lengang, bahkan barisan saf salat pun tidak terlalu penuh.

Suasana ini jauh berbanding terbalik dengan malam pertama pada Salat Tarawih tahun-tahun sebelumnya yang selalu padat dan tumpah ruah hingga taman di lingkungan masjid.

Sementara itu, jemaah yang mengikuti salat sebagian tampak mengenakan masker. Sedangkan physical distancing atau jaga jarak antara jemaah saat pelaksanaan salat tidak diterapkan. Padahal sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah meminta kepada jemaah untuk memakai masker dan tetap menjaga jarak saat melaksanakan Salat Tarawih selama wabah COVID-19.

Berikut ini potret salah tarawih pada malam pertama Ramadan di bumi Serambi Makkah.

1. Suasana tampak begitu lengang di sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman, biasanya jemaah akan memenuhi tempat tersebut pada malam pertama Salat Tarawih

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Suasana begitu lengang di sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

2. Suasana di dalam Masjid Raya Baiturrahman pada malam pertama Salat Tarawih

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Suasana Salat Tarawih malam pertama di dalam Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

3. Suasana di luar Masjid Raya Baiturrahman. Biasanya jemaah salat hingga halaman

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Suasana di luar Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

4. Hanya beberapa jemaah yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Hanya beberapa jemaah Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

5. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana malam pertama Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, lebih lenggang dan sendu

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana malam pertama Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, lebih lengang (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih di Rumah Beserta Dalilnya

6. Masih banyak jemaah Salat Tarawih yang tidak mengenakan masker

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Masih banyak jemaah Salat Terawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, tidak mengenakan masker (IDN Times/Saifullah)

7. Para jemaah sedang mendengarkan ceramah sebelum dilanjutkan dengan Salat Tarawih, di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Para jemaah sedang mendengarkan ceramah sebelum dilanjutkan dengan Salat Tarawih, di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

8. Suasana di pintu utama atau di sisi barat Masjid Raya Baiturrahman

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Suasana di pintu utama di sisi barat Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

9. Para jemaah tampak khidmat beribadah, namun sayangnya tidak ada tampak penerapan social distancing atau jaga jarak antara jemaah

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Para jemaah tampak khidmat beribadah di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, namun sayangnya tidak ada tampak social distancing atau jaga jarak antara jemaah (IDN Times/Saifullah)

10. Warga saat melintas gapura yang ada di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman

Potret Malam Pertama Salat Tarawih di Aceh Dalam Suasana COVID-19 Warga saat melintas gapura yang ada di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: 10 Potret Suasana Masjid di Palembang, Jamaah Sudah Tarawih di Rumah

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya