Berlayar dari Arab Saudi, Kapal Kargo Terbakar di Perairan Sabang

Kapal akan berlayar ke Malaysia

Sabang, IDN Times - Satu unit kapal kargo asing bernama CMA CGM Lisa Marie yang bermuatan kontainer terbakar di perairan Sabang, Aceh, Sabtu (16/4/2022) sore. Upaya pemadaman dilakukan Tim Operasi SAR Kecelakaan Kapal.

“Terbakarnya di jarak 38,24 Nm,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono, Sabtu (16/4/2022) malam.

1. Kapal berlayar dari Arab Saudi menuju Malaysia

Berlayar dari Arab Saudi, Kapal Kargo Terbakar di Perairan SabangKapal CMA CGM Lisa Marie terbakar di perairan Sabang, Aceh. (Dokumentasi Basarnas Banda Aceh untuk IDN Times)

Budiono menyampaikan, kapal bermuatan kontainer tersebut awalnya berlayar dari Jeddah, Arab Saudi dengan tujuan ke Pelabuhan (Port) Klang, Malaysia.

“Tiba di perairan Sabang, salah satu muatan kontainer terbakar yang diduga akibat korsleting listrik,” ujarnya.

Kapal yang mengalami kebakaran kemudian mengaktifkan signal distress atau sinyal darurat yang diterima oleh MRCC Port Klang, Malaysia. Selanjutnya, informasi tersebut diteruskan ke Basarnas Banda Aceh untuk meminta bantuan pemadaman api.

Baca Juga: Polisi Bongkar Gudang Penimbunan Solar Bersubsidi di Aceh Besar

2. Kebakaran dapat ditangani dengan cepat

Berlayar dari Arab Saudi, Kapal Kargo Terbakar di Perairan SabangKapal CMA CGM Lisa Marie terbakar di perairan Sabang, Aceh. (Dokumentasi Basarnas Banda Aceh untuk IDN Times)

Usai berkomunikasi, Kapal CMA CGM Lisa Marie lalu diminta untuk lebih mendekat ke wilayah Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh agar lebih mudah melakukan proses pemadaman.

Ketika Tim Operasi SAR Kecelakaan Kapal Basarnas Banda Aceh tiba di lokasi, api dikatakan Budiono, telah padam. Akan tetapi, guna memastikan hal tersebut telah aman, tim melakukan pengecekan di atas kapal termasuk kondisi seluruh anak buah kapal (ABK).

“Sekira pukul 07.20 WIB, Kapal CMA CGM Lisa Marie kembali melakukan pelayaran ke Port Klang, sedangkan Tim SAR gabungan kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh,” kata Budiono.

3. Data Kapal CMA CGM Lisa Marie

Berlayar dari Arab Saudi, Kapal Kargo Terbakar di Perairan SabangKapal CMA CGM Lisa Marie. (Foto: marinetraffic.com)

Berdasarkan data yang IDN Times dapatkan, adapun kapal kargo bermuatan kontainer itu bernama CMA CGM Lisa Marie berbendera Malta. Secara detail, IMO 9729099, Vessel Type - Generic Cargo - Hazard A (Major) dan Vessel Type - Detailed: Container Ship.

Selanjutnya, kapal itu memiliki MMSI 248426000 dengan Call Sign 9HA4652. Volume semua ruangan kapal yakni 95.256 gross tonnage(GT) dengan bobot 109.832 ton. Panjang kapal 299,81 meter dengan lebar 48,32 meter.

Baca Juga: Soal Dokter Bahrul Dipecat, Wali Kota Banda Aceh Akui Tersinggung 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya