Anak Gajah Ditemukan Terjerat Tali Kawat Selama 3 Minggu di Aceh

Anak gajah malang itu terluka di pergelangan kaki kanan

Bireuen, IDN Times - Seekor Gajah Sumatera atau Elephas maximus ssp Sumatranus kembali terkena jerat atau ranjau di kawasan Gampong Alue Leuhob, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Informasi adanya gajah yang terjerat pertama kali didapatkan petugas Conservation Response Unit (CRU) Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, dari laporan masyarakat setempat, pada Minggu (23/2). Laporan itu selanjutnya ditindaklanjuti dengan mengirimkan tim penyelamat.

Penyelamatan pun dilakukan oleh tim gabungan yang melibatkan sejumlah personel dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan CRU DAS Peusangan, serta didampingi tim medis dari Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah Asia

1. Gajah diperkirakan berusia 7 tahun dan terluka di pergelangan kaki kanan bagian depan

Anak Gajah Ditemukan Terjerat Tali Kawat Selama 3 Minggu di AcehDok.IDN Times/Istimewa

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh Agus Arianto mengatakan, Gajah Sumatera yang ditemukan pertama kali oleh warga tersebut diperkirakan berusia lebih kurang 7 tahun. Saat ditemukan, gajah itu mengalami luka pada kaki kanan bagian depan.

“Hasil pemeriksaan tim medis di lokasi kejadian, Gajah Sumatera atau Elephas maximus ssp. Sumatranus tersebut terluka di bagian pergelangan kaki pada kaki kanan depannya,” kata Agus, Senin (24/2).

2. Anak gajah itu sudah terjerat selama 3 minggu

Anak Gajah Ditemukan Terjerat Tali Kawat Selama 3 Minggu di AcehKaki anak gajah yang terkena jerat (IDN Times/BKSDA Aceh)

Anak gajah tersebut sudah lama terjerat. Berdasarkan informasi dan laporan dari masyarakat setempat, kata Agus, gajah tersebut sudah terjerat selama lebih kurang 3 minggu.

“Sehingga ketika mendapatkan laporan tersebut, petugas CRU DAS Peusangan segera melaporkan kejadian itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh untuk ditindaklanjuti,” ungkap Agus.

3. Terkena jerat seling yakni jerat yang terbuat dari tali kawat

Anak Gajah Ditemukan Terjerat Tali Kawat Selama 3 Minggu di AcehKaki anak gajah yang terkena jerat (IDN Times/BKSDA Aceh)

Informasi diterima BKSDA dari tim yang melakukan penyelamatan, anak Gajah Sumatera itu dijerat dengan jenis jerat seling yakni jerat yang terbuat dari tali kawat.  

“Jenis jerat yang melukai satwa liar Gajah Sumatera ini yaitu jenis jerat seling. Saat ini kondisinya sedang dalam perawatan medis oleh petugas,” ujar Agus.

Baca Juga: Arkeolog Angkat Fosil Pinggul Gajah Purba yang Lama Terkubur  

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya