Ada Gangguan Listrik di Sumut, Sebagian Wilayah Aceh Gelap Gulita

Ada kerusakan transmisi

Banda Aceh, IDN Times - Penyaluran listrik di Provinsi Aceh mengalami gangguan. Akibatnya, hampir seluruh wilayah tanah Rencong ini diduga mengalami pemadaman listrik.

Pemadaman listrik ini diduga akibat adanya gangguan di wilayah Sumatera Utara, sehingga pasokan ke Aceh terhambat.

1. Pemadaman listrik diduga akibat gangguan di Sumut

Ada Gangguan Listrik di Sumut, Sebagian Wilayah Aceh Gelap GulitaIlustrasi (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh T Bahrul Halid mengatakan, adanya gangguan pada transmisi yang ada di wilayah Sumatera Utara, sehingga berdampak pemadaman listrik ke Aceh.

"Telah terjadi gangguan pada sistem transmisi 150 kV antara Binjai dan Pangkal Brandan sekira pukul 09.38 WIB, sehingga mengakibatkan terganggunya sebagian suplai pasokan listrik untuk wilayah Aceh dan sebagian Sumatera Utara," kata Bahrul.

Baca Juga: Jerman Sepakat Berencana Tutup Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

2. PLN meminta maaf atas pemadaman listrik di Aceh

Ada Gangguan Listrik di Sumut, Sebagian Wilayah Aceh Gelap GulitaIlustrasi (IDN Times/Surya Aditya)

Bahrul mengatakan, sampai saat ini timnya sedang berusaha memperbaiki permasalahan tersebut, dan sedang dilakukan proses pengaturan beban kelistrikan.

"Kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini kepada pelanggan setia kami, yang terdampak pemadaman bergilir. Atas perhatian dan pengertiannya kami ucapkan terima kasih," ujar dia.

3. PLN tengah membangun dua jalur transmisi listrik ke Aceh

Ada Gangguan Listrik di Sumut, Sebagian Wilayah Aceh Gelap GulitaIlustrasi (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

PT PLN (Persero) sebelumnya menyatakan pihaknya sedang membangun sistem transmisi 275 Kv, guna meningkatkan pasokan listrik melalui dua jalur ke Provinsi Aceh.

"Saat ini pasokan energi listrik Aceh melalui transmisi 150 Kv dan dengan pembangunan transmisi 275 Kv, maka distribusi listrik akan dua jalur. Artinya jika sistem pertama terganggu maka suplai akan dilakukan melalui jalur kedua," kata Direktur Regional Sumatera P TPLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto di Seramoe T Umar PT PLN UIW Aceh, Banda Aceh, Jumat (24/1).

Wiluyo menjelaskan dengan pembangunan sistem transmisi tersebut, akan mengurangi pemadaman listrik yang terjadi di Aceh dan Banda Aceh, khususnya karena ada distribusi dari dua jalur. "Jika ada gangguan pada sistem transmisi 150 Kv, maka akan didistribusi nantinya melalui transmisi 275 Kv," kata dia.

Menurut Wiluyo pihaknya akan membangun sistem transmisi tersebut dari Pangkalan Susu-Arun-Sigli-Banda Aceh dan kemudian dari Meulaboh, Calang dan Banda Aceh. Sehingga distribusinya akan masuk dari jalur timur dan barat.

"Kami optimistis dengan terbangunnya sistem jaringan ini akan meningkatkan kehandalan listrik di Aceh sehingga Banda Aceh tidak ada lagi pemadaman," kata dia, seperti dilansir Antara.

PLN berharap kepada masyarakat agar melaporkan kepada kantor PT PLN terdekat, apabila melihat ada tiang atau sarana penunjang PLN yang rusak, agar dapat segera diperbaiki petugas.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga sarana dan prasarana penunjang PLN sebab kalau ada fasilitas yang rusak juga akan berimbas terhadap pasokan listrik kepada masyarakat," kata Wiluyo, yang turut didampingi Manajer Komunikasi PT PLN UIW Aceh T Bahrul Halid.

Baca Juga: Duh, Pakai B100 Mesin Pembangkit Listrik PLN Rusak

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya