4 Warga Langkat Terjebak Arus Deras Sungai di Aceh, Satu Masih Hilang

Tiga orang berhasil diselamatkan

Aceh Tamiang, IDN Times - Empat warga asal Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) terjebak di tengah sungai dan hanyut saat sedang mandi di tempat Pemandian Gunung Pandan, Gampong Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh, Tamiang, Aceh, pada Minggu (7/11/2021).

Insiden itu sempat direkam oleh warga saat sedang berupaya memberikan pertolongan kepada empat warga yang terjebak di tengah sungai dengan kondisi arus cukup deras. Dalam video singkat itu, tampak warga coba membantu para korban dengan menggunakan tali.

Adapun keempat warga yang terjebak tersebut, yakni Dea Afrianda (24) dan  M Isma Mustafa (25) warga Pangkalan Susu serta M Akbar (20) dan Herda Safitri (20) warga Pangkalan Brandan.

1. Terjebak di atas batu di tengah sungai saat debit air tiba-tiba naik

4 Warga Langkat Terjebak Arus Deras Sungai di Aceh, Satu Masih HilangProses pencarian korban hanyut di sungai tempat Pemandian Gunung Pandan, Aceh Tamiang. (Foto: Humas Polres Aceh Tamiang)

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor (Polres) Aceh Tamiang, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Untung Sumaryo mengatakan, kejadian bermula saat keempat korban sedang mandi di sungai di tengah kondisi cuaca sedang hujan gerimis. Tiba-tiba, sekitar pukul 17.00 WIB, debit air sungai naik lebih kurang hingga satu meter.

"Empat orang yang sedang mandi terjebak di atas batu yang ada di tengah sungai hingga menghanyutkan keempatnya," kata Untung, saat dikonfirmasi, pada Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Diduga Tersengat Listrik, Pria di Langkat Ditemukan Tak Bernyawa

2. Tiga berhasil selamat dan satu masih hilang

4 Warga Langkat Terjebak Arus Deras Sungai di Aceh, Satu Masih HilangProses pencarian korban hanyut di sungai tempat Pemandian Gunung Pandan, Aceh Tamiang. (Foto: Pos SAR Langsa)

Melihat ada pengunjung yang terjebak di tengah sungai di saat debit air naik, warga lainnya coba memberikan pertolongan dengan menggunakan tali. Akan tetapi, kuatnya arus sungai membuat salah seorang dari empat korban yang coba ditolong oleh warga, hanyut.

"Tiga orang selamat sedangkan yang satu orang terlepas dari tali sehingga terseret arus sungai," ujar Untung.

Korban yang berhasil diselamatkan warga yakni M Isma Mustafa, M Akbar, Herda Safitri. Sedangkan korban yang hingga saat ini belum ditemukan yaitu Dea Afrianda.

3. Masih melakukan pencarian menyusuri sungai

4 Warga Langkat Terjebak Arus Deras Sungai di Aceh, Satu Masih HilangProses pencarian korban hanyut di sungai tempat Pemandian Gunung Pandan, Aceh Tamiang. (Foto: Pos SAR Langsa)

Hingga Senin (8/11/2021), tubuh Dea Afrianda, korban yang hanyut saat sedang mandi di sungai tempat Pemandian Gunung Pandan belum ditemukan. Tim gabungan dari Pos Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Langsa, kepolisian, masyarakat masih terus melakukan pencarian korban.

Kepala Kantor SAR Kelas A Banda Aceh, Budiono melalui Koordinator Pos SAR Langsa, Aulia Rahman mengatakan, tim sedang melakukan penyisiran hingga satu mil ke arah hilir sungai.

"Mengecek di setiap tumpukan-tumpukan batu," kata Aulia dikonfirmasi terpisah, pada Senin (8/11/2021).

"Debit air untuk sementara sudah kembali normal," imbuh Aulia.

Baca Juga: Mengeroyok hingga Tewas, Enam Pemuda di Langkat Diringkus Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya