Mendagri Beberkan 3 Skenario Jika Pandemik COVID-19 Terus Berlanjut

Tidak ada jaminan tahun 2021 pandemik COVID-19 selesai

Medan, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyampaikan tiga skenario penanganan COVID-19 jika terus berlanjut sampai tahun 2021. Sampai lewat pertengahan tahun ini, kasus COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan saat ini sudah hampir menembus 60 ribu. 

"Ada tiga skenario jika pandemik ini berlanjut sampai tahun 2021," ujarnya saat hadir dalam acara silaturahim bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Sumut di Grand Aston City Hall Medan, Kamis (2/7) malam.

1. Skenario pertama adalah ditemukannya vaksin dan diproduksi massal. Tapi butuh waktu

Mendagri Beberkan 3 Skenario Jika Pandemik COVID-19 Terus BerlanjutIDN Times/Masdalena Napitupulu

Tito mengatakan skenario pertama yakni ditemukannya vaksin. Setelah ditemukan, dua pertiga dari populasi harus divaksin penduduk dunia. Diperlukan dua ampul vaksin, pertama adalah untuk vaksin awal dan kedua untuk penguat (booster). 

"Ini memerlukan produksi masif kemudian distribusi ke seluruh daerah, ke seluruh negara," ujar Tito. 

"Kemudian belum lagi harus distribusi ke desa-desa, ke kampung-kampung, setelah itu dilakukan vaksinasinya sendiri. Artinya memerlukan waktu yang tidak singkat. Bahkan ada yang memperkirakan kalau ditemukan di pertengahan 2021, tahun 2022 baru mungkin tuntas vaksinasinya," tambahnya. 

"Kita berdoa mudah-mudahan vaksin-nya ketemu secepat mungkin. Kalau secepat mungkin masih satu tahunan untuk proses produksi, distribusi dan eksekusi vaksinasi," bebernya.

Baca Juga: Kalahkan Banten, Sumut Peringkat Ke-9 Kasus COVID-19 di Indonesia

2. Skenario kedua adalah kemungkinan diterapkannya herd immunity

Mendagri Beberkan 3 Skenario Jika Pandemik COVID-19 Terus BerlanjutIDN Times/Masdalena Napitupulu

Adapun skenario kedua, katanya, didukung oleh golden medication atau obat yang mujarab. Jadi obat yang tarapnya nomor satu itu belum ditemukan. Skenario yang kedua adalah herd immunity

"Yang kuat kekebalan tubuhnya survive, yang tidak kuat akan sakit atau mungkin wafat. Nah ini tentu skenario yang tidak kita harapkan," kata mantan Kapolri itu.

3. Selanjutnya, Tito berharap virusnya lemah sendiri

Mendagri Beberkan 3 Skenario Jika Pandemik COVID-19 Terus BerlanjutIDN Times/Masdalena Napitupulu

Sementara itu skenario ketiga menurut Tito adalah virus bertambah lemah sendiri. Tapi itu pun tidak ada jaminannya bakal berakhir hingga 2021 mendatang.

"Skenario ketiga ini virusnya lemah sendiri. Mudah-mudahan saja skenarionya terjadi di dunia dan negara kita, virusnya lemah sendiri. Tapi sekali lagi, tidak ada jaminan tahun 2021 itu pandemik COVID-19 selesai," ucap Tito. 

Baca Juga: Pilkada di Tengah Corona, BIN Soroti Soal Partisipasi Pemilih Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya