Comscore Tracker

Soal Ujaran Berbau Rasis, Warga Papua Tuntut Permohonan Maaf Segera

Statemen Wakil Gubernur Papua Barat 

Jakarta, IDN Times - Panasnya situasi di Manokwari, Papua Barat akibat adanya insiden di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya pekan lalu ditanggapi Wakil Gubernur Papua Mohamad Lakotani. Dia mengatakan saat ini permintaan masyarakat Papua adalah permohonan maaf atas statement berbau rasis.  

"Tuntutannya permintaan maaf dari oknum yang keluarkan statement berbau rasis terhadap mahasiswa Papua atas insiden yang kemarin terjadi di Surabaya dan Malang," kata Lakotani dalam telepon interaktif LIVE bersama Kompas TV pada Senin (19/8).

Pihaknya juga akan berkomunikasi berasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Pemkot Malang.

"Ada hal-hal lain yang akan kami bicarakan secara teknis," kata Lakotani. "Pak Gubernur besok pagi tiba, kami rapat dengan kapolda, panglima kodam terkait situasi terkini," kata dia lagi.

Hingga kini sejumlah warga Manokwari, Papua Barat, menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik. Bukan hanya di sana, aksi ini juga terjadi di Jayapura dan dikabarkan meluas hingga ke Sorong, Papua. Aksi ini dipicu lantaran warga tidak terima dengan aksi pengepungan yang dilakukan kepolisian di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya pada Jumat (16/8).

Baca Juga: Mahasiswa Asal Papua Geruduk DPRD Sumut, Protes Peristiwa Surabaya 

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You