Uni Lubis: Millennials Harus Bisa Bedakan yang Noise dan The Real One

Millennials berperan besar dalam shaping the opinion

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Redaksi IDN Times dan Duniaku.com, Uni Lubis mengatakan, data yang ada di era digital cenderung berlebih. Hal ini membuat masyarakat, terutama millennials, dikepung oleh tsunami informasi.

Dalam situasi seperti sekarang, kata Uni Lubis, hal yang perlu dilakukan adalah memisahkan mana yang noise dan mana yang the real one

"Dari segi jurnalis platform saja yang berubah. Prinsipnya itu sama, disiplin verifikasi," kata Uni di Indonesia Writer Festival (IWF) 2019 yang berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (6/9).

Dia menambahkan, hal ini tidak hanya menjadi tugas jurnalis tapi juga generasi zaman sekarang dan masa depan.

Menurut data IDN Research Institute, dari 267 juta penduduk Indonesia, 63 juta di antaranya merupakan millennials. Kelompok millennials ini memiliki peran besar termasuk dalam shaping the opinion.

"Kita di media mencoba shaping the information, semoga menyampaikan yang benar. Data, fakta, banyak, harus ditempatkan dalam konteks," kata Uni. 

Acara Indonesia Writers Festival 2019 digelar oleh IDN Times. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IWF 2019, Ivan Lanin Bagi Tips Anti Rundung di Medsos, Apa Saja?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya