Dicap Predator Seksual Setan di Inggris, Siapa Sosok Reynhard Sinaga?

Reynhard lulusan sejumlah universitas ternama

Jakarta, IDN Times - Reynhard Sinaga, mahasiswa S3 asal Indonesia di Inggris divonis bersalah telah melakukan tindak pemerkosaan dan serangan seksual terhadap puluhan pria di Inggris.

Reynhard kini menjadi tahanan di Manchester, Inggris. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup atau minimal menjalani masa hukum 30 tahun, sebelum boleh mengajukan pengampunan.

Dia juga dicap sebagai predator seksual paling meresahkan warga Inggris, bahkan pertama kali dalam sejarah di Inggris pelaku kejahatan seksual yang diperkirakan memperkosa hingga 190 pria.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata Reynhard sosok mahasiswa berprestasi dan anak bankir kaya yang disebut-sebut tinggal di Depok, Jawa Barat.

1. Lahir di Jambi, Reynhard ternyata anak bankir kaya

Dicap Predator Seksual Setan di Inggris, Siapa Sosok Reynhard Sinaga?Ilustrasi (IDN Times/Mela Hapsari)

Reynhard diketahui lahir di Jambi, Sumatera, pada 1983. Dia lahir dan dibesarkan sebagai anak sulung dari tiga bersaudara.

Reynhard lahir dari keluarga berada. Ayahnya diketahui sebagai seorang bankir yang disebut-sebut tinggal di Depok, Jawa Barat. Segala biaya hidup, uang saku, hingga uang sewa apartemen dia di Inggris ditanggung sang ayah.

Dia datang ke Inggris pada 2007 dengan visa pelajar saat usianya 24 tahun, hingga akhirnya ia menjadi tahanan Inggris.

Baca Juga: Kemlu: Selama Proses Persidangan, Reynhard Sinaga Didampingi Pengacara

2. Reynhard jarang bicara masalah keluarganya

Dicap Predator Seksual Setan di Inggris, Siapa Sosok Reynhard Sinaga?Gedung Pengadilan Manchester (Google Street View)

Reynhard dikenal sebagai sosok yang sangat jarang bercerita tentang keluarganya. Rey, begitu dia akrab disapa, juga tak pernah bercerita mengenai kehidupannya di Indonesia.

Ibu Rey diketahui sempat hadir dalam persidangan pertama Reynhard, namun tak lagi hadir setelahnya. Sejak awal persidangan, Reynhard selalu mengatakan dirinya tak bersalah dan hubungan seksual dilakukan atas dasar suka sama suka.

3. Reynhard lulusan universitas ternama

Dicap Predator Seksual Setan di Inggris, Siapa Sosok Reynhard Sinaga?Manchester University (manchester.ac.uk)

Reynhard merupakan lulusan dari sejumlah universitas ternama. Sebelum bertolak ke Manchester, dia menamatkan pendidikan S1 di universitas ternama di Indonesia dengan jurusan arsitektur.

Reynhard melanjutkan pendidikan magister di Manchester University dengan jurusan sosiologi pada 2007. Pada 2012, dia mulai mengambil PhD di jurusan Human Geography di Leeds University. Sejumlah sumber menyebutkan, Reynhard belum menamatkan pendidikan terakhirnya.

4. Reynhard divonis bersalah dan dijuluki 'predator seksual setan'

Dicap Predator Seksual Setan di Inggris, Siapa Sosok Reynhard Sinaga?Ilustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Oleh hakim yang menangani kasus ini, Reynhard dijuluki sebagai 'predator seksual setan', lantaran dia tetap merasa tak bersalah. Dia terbukti telah melakukan pemerkosaan terhadap puluhan pria di Inggris.

Kejahatan Reynhard yang meresahkan warga Inggris ini, kemudian diperkarakan di pengadilan setelah korban melaporkan kepada pihak berwajib. Namun dari perkiraan korban yang mencapai 190 orang, baru sekitar 48 kasus yang disidangkan sejak Juni 2018 sampai Desember 2019. Bahkan, kemungkinan jumlah korban bisa bertambah.

Baca Juga: Reynhard Sinaga, Mahasiswa S3 Indonesia di Inggris Perkosa 190 Pria

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Rochmanudin
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya