Comscore Tracker

Mahfud Sebut Belum Ada Kaitan Bom Gereja dengan Penangkapan Teroris

Pemerintah masih menganalisis jaringan dan pelaku teror bom

Jakarta, IDN Times - Terjadi ledakan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Jalan Kartini Makassar, Minggu (28/3/2021) sekitar pukul 10.28 WITA. Satu dari dua pelaku ditemukan tewas ditempat.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah belum mengaitkan aksi terorisme bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar dengan terorisme lainnya yang telah lebih dahulu terungkap.

Termasuk kaitannya dengan jaringan terorisme yang ditangkap sejak Januari 2021 lalu.

"Belum, belum dikaitkan ke sana. Jadi belum dikaitkan dengan penangkapan-penangkapan lain sebelumnya," ujar Mahfud MD dalam keterangan pers daring pada Minggu (28/3/2021).

"Sekarang kita baru mau ungkap dulu jaringannya apa, pelakunya siapa, baru nanti dianalisis," sambung Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, bom bunuh diri meledak di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pagi tadi.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono memastikan pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar berjumlah dua orang.

Kedua terduga pelaku disebut sempat berusaha masuk ke dalam gereja namun sempat diadang oleh sekuriti.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 22 anggota teroris Jamaah Islamiah (JI) pada 19 Maret 2021. Dua ditangkap di Jakarta, enam di Sumatra Barat, dan 14 lainnya di Sumatra Utara.

Penangkapan ini merupakan pengembangan kasus kelompok Fahim yang ditangkap di Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. Total 44 teroris telah ditangkap Densus 88.

“Jadi semua masih dikembangkan oleh Densus dan ini termasuk ke dalam jaringan Jamaah Islamiyah. Sekarang masih dikembangkan Densus,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Kapolri Usut Tuntas Jaringan Teroris ke Akarnya!

Mahfud Sebut Belum Ada Kaitan Bom Gereja dengan Penangkapan TerorisInfografis Fakta Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar (IDN Times/Mardya Shakti)

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya