Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?

NasDem berang dengan sinisme partai tersebut

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum partai NasDem Surya Paloh melempar kritik keras terhadap sebuah partai politik (parpol) di Indonesia. Dia menyebut ada partai nasionalis dan berasas Pancasila tapi tindak tanduknya tidak mencerminkan nilai Pancasila.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ahh yang pasti itu bukan Pancasilais itu," kata Surya Paloh dalam pidato sambutan pada Kongres NasDem ke-2, di Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11).

1. Paloh: Partai nasionalis itu harus buktikan Pancasilaisnya

Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Dalam pidatonya, Surya Paloh juga meminta partai tersebut membuktikan diri sebagai partai yang memang Pancasilais.

"Pancasila sebagai pegangan kita, tapi (partai) itu tidak laksanakan itu ngakunya partai nasionalis, partai yang Pancasilais. Ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian, partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila ya saudara-saudara," kata Surya Paloh disambut tepuk dan teriak gemuruh para peserta kongres.

Baca Juga: Pertemuan Surya Paloh dengan PKS Disindir Jokowi, Ini Kata NasDem

2. NasDem diisukan keluar koalisi, Surya Paloh berang

Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?(Surya Paloh saat bertemu Prabowo Subianto) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Surya Paloh juga berulang kali mengungkapkan kekesalannya atas isu yang beredar soal keluarnya NasDem dari koalisi. Isu itu semakin santer usai pertemuannya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto serta pertemuan dengan pimpinan partai PKS beberapa waktu lalu.

"Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, kecurigaan satu sama lain hingga kita berkunjung ke kawan (dicurigai). Ini bangsa model apa seperti ini. Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini. Hubungan rangkulan dan tali silahturahmi politik dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," seru Surya Paloh yang disambut teriakan dan tepuk tangan dari para peserta kongres.

3. Paloh enggan menyebutkan partai apa yang dinilainya tidak Pancasilais

Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Ketika ditanyai partai apa yang disebutnya dalam pidatonya, Surya Paloh mengatakan partai tersebut adalah partai yang sinis terhadap partai NasDem.

"Ya siapanya ya kita gak tahu, yang mencurigai NasDem, tapi pastinya kita gak tahu. Tapi pasti ada, bagaikan angin yang terasa di tangan saya, gak bisa tangkap dia, gak terlihat, tapi ada," kata Surya Paloh saat ditemui usai acara.

4. Kongres 4 hari mengangkat tema 'Restorasi untuk Indonesia Maju'

Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Jelang hari jadinya yang ke-8, Partai NasDem menyelenggarakan kongres ke-2. Kongres dan perayaan ulang tahun tersebut berlangsung sejak 8 hingga 11 November mendatang. Kongres yang dihadiri ribuan kader dan pimpinan daerah yang diusung NasDem ini mengangkat tema 'Restorasi untuk Indonesia Maju'.

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Kongres NasDem, Jokowi Hadir di Bagian Penutup

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya