Comscore Tracker

Kata Surya Paloh Ada Partai Nasionalis tapi Gak Pancasilais, Siapa?

NasDem berang diisukan keluar koalisi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum partai NasDem Surya Paloh menyampaikan sindiran keras kepada salah satu partai politik (parpol) di Indonesia. Hal itu disampaikan Surya dalam pidato sambutan pada Kongres NasDem ke-2 di Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11). 

Surya Paloh mengatakan partai tersebut bergenre nasionalis tapi sangat tidak pancasilais. "Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan Pancasilais itu," kata Surya.

Partai mana yang dimaksud?

1. Paloh: Partai nasionalis itu harus buktikan Pancasilaisnya

Kata Surya Paloh Ada Partai Nasionalis tapi Gak Pancasilais, Siapa?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Dalam pidatonya, Surya Paloh juga meminta partai tersebut membuktikan diri sebagai partai yang memang Pancasilais.

"Pancasila sebagai pegangan kita, tapi (partai) itu tidak laksanakan itu ngakunya partai nasionalis, partai yang Pancasilais. Ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian, partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila ya saudara-saudara," kata Surya Paloh disambut tepuk dan teriak gemuruh para peserta kongres.

2. NasDem diisukan keluar koalisi, Surya Paloh berang

Kata Surya Paloh Ada Partai Nasionalis tapi Gak Pancasilais, Siapa?(Surya Paloh saat bertemu Prabowo Subianto) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Surya Paloh juga berulang kali mengungkapkan kekesalannya atas isu yang beredar soal keluarnya NasDem dari koalisi. Isu itu semakin santer usai pertemuannya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto serta pertemuan dengan pimpinan partai PKS beberapa waktu lalu.

"Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, kecurigaan satu sama lain hingga kita berkunjung ke kawan (dicurigai). Ini bangsa model apa seperti ini. Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini. Hubungan rangkulan dan tali silahturahim politik dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," seru Surya Paloh yang disambut teriakan dan tepuk tangan dari para peserta kongres.

Baca Juga: Kongres NasDem Dibuka Anies, Jokowi Dijadwalkan Hadir di Akhir

3. Paloh enggan menyebutkan partai apa yang dinilainya tidak Pancasilais

Kata Surya Paloh Ada Partai Nasionalis tapi Gak Pancasilais, Siapa?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Ketika ditanyai partai apa yang disebutnya dalam pidatonya, Surya Paloh mengatakan partai tersebut adalah partai yang sinis terhadap partai NasDem.

"Ya siapanya ya kita gak tahu, yang mencurigai NasDem, tapi pastinya kita gak tahu. Tapi pasti ada, bagaikan angin yang terasa di tangan saya, gak bisa tangkap dia, gak terlihat, tapi ada," kata Surya Paloh saat ditemui usai acara.

4. Kongres 4 hari mengangkat tema 'Restorasi untuk Indonesia Maju'

Kata Surya Paloh Ada Partai Nasionalis tapi Gak Pancasilais, Siapa?(Kongres ke-8 Partai NasDem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Jelang hari jadinya yang ke-8, Partai NasDem menyelenggarakan kongres ke-2. Kongres dan perayaan ulang tahun tersebut berlangsung sejak 8 hingga 11 November mendatang. Kongres yang dihadiri ribuan kader dan pimpinan daerah yang diusung NasDem ini mengangkat tema 'Restorasi untuk Indonesia Maju'.

Baca Juga: Surya Paloh: Lucu! NasDem Gak Dikasih Tahu Jokowi soal Kursi Menteri

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You