Comscore Tracker

Sebut Jokowi Hapal Tapi Tak Paham Pancasila, Rocky Gerung Dipolisikan

Bentuk penghinaan kepada kepala negara

Jakarta, IDN Times - Pernyataan akademisi dan pakar politik Rocky Gerung terkait Presiden Joko Widodo tak paham Pancasila berbuntut panjang.

Dalam acara talk show ILC Tvone pada Selasa 3 Desember 2019 lalu Rocky menyebut presiden hapal Pancasila, namun tak paham Pancasila. 

Politikus PDI Perjuangan Henry Yosodiningrat akhirnya melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri, Senin (9/12/2019). Dalam laporannya, Henry menilai ucapan Rocky Gerung sebagai bentuk penghinaan kepada simbol negara yaitu presiden yang disebut Rocky tak paham Pancasila.

“Saya akan ajukan ahli yang bisa menerangkan bahwa ucapan itu bagian penghinaan,” kata Henry di Bareskrim Polri, Senin (9/12).

1. Rocky dilaporkan karena nada dan bahasa tubuhnya sinis

Sebut Jokowi Hapal Tapi Tak Paham Pancasila, Rocky Gerung DipolisikanInstagram/@henryyosodiningrat

Henry mengatakan, tujuan Rocky Gerung sengaja mempermalukan Presiden Jokowi. Menurutnya, hal itu dilihat dari nada sinis dan bahasa tubuh Rocky Gerung, serta ucapannya yang tendensius.

Henry mengatakan, Rocky Gerung memenuhi unsur pidana yang termaktub pada Pasal 310 KUHP, yang menjelaskan bahwa setiap orang yang sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal.

“Beberapa yurispudensi juga mengatakan tujuan untuk mempermalukan orang yang diserang sudah memenuhi unsur tidak ada tujuan lain kecuali mempermalukan bukan kritik. Kalau kritik bukan seperti itu caranya,” kata dia.

Baca Juga: PDIP Sudah Siapkan Berkas Laporan Rocky Gerung

2. Henry bawa bukti rekaman dan saksi ahli

Sebut Jokowi Hapal Tapi Tak Paham Pancasila, Rocky Gerung DipolisikanHenry Yosodiningrat (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dalam laporannya hari ini, Henry membawa rekaman video, transkip dan saksi bahkan ahli-ahli untuk memperkuat dalam membuat laporan ke polisi.

“Video rekaman dan transkrip dari rekaman dia waktu acara ILC yang terakhir itu. Dia (Rocky Gerung) mengatakan bahwa Presiden tidak paham Pancasila, tidak mengerti Pancasila, Presiden hanya hafal Pancasila tapi tidak paham. Saya melihat ucapan itu keterlaluan,” kata Henry.

3. Henry bisa buktikan Presiden Jokowi sangat paham Pancasila

Sebut Jokowi Hapal Tapi Tak Paham Pancasila, Rocky Gerung DipolisikanIstimewa

Henry menjelaskan dari sisi hukum, Pancasila sebagai dasar negara, sumber dari segala sumber hukum, sebagai falsafah dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan, Presiden sebagai Kepala Pemerintahan, sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di angkatan bersenjata (TNI), Presiden adalah hasil pemilihan langsung dari rakyat Indonesia.

“Artinya sosoknya harus dihormati oleh rakyat Indonesia bahkan bangsa bangsa asing pun melakukan penghormatan kepada Presiden sehingga saya tidak terima kepada orang yang mengatakan Presiden tidak paham Pancasila. Saya bisa membuktikan Presiden bahwa sangat Paham Pancasila,” ujar dia.

4. Bermula dari pernyataan Rocky dalam acara ILC tvOne

Sebut Jokowi Hapal Tapi Tak Paham Pancasila, Rocky Gerung DipolisikanRocky Gerung (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Rocky Gerung sendiri dilaporkan oleh politisi PDI Perjuangan atas pernyataan yang ia lontarkan dalam acara talk show ILC Tvone beberapa waktu lalu.

Dalam acara tersebut, Rocky menyebut presiden hapal Pancasila, namun tak paham Pancasila. Pernyataan tersebut kemudian menimbulkan polemik di kalangan politisi pendukung pemerintahan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rocky Sebut Jokowi Tak Paham Pancasila, BPIP: Dia Mainkan Dramatologi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya