Ketua Relawan Penangkap Ular Terbaring Lemas Usai Dipatuk Kobra Jawa

Kejadian terjadi saat korban hendak menangkap ular kobra

Tangerang Selatan, IDN Times - Ketua tim Reptile Rescue Indonesia (RRI) wilayah Banten, Turandi (30) dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena gigitan ular kobra yang sedang dievakuasi oleh timnya.

Kejadian itu terjadi pada Sabtu (22/12) malam di kawasan Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel). Turandi kini masih terbaring di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel untuk menjalani pengobatan.

1. Kejadian bermula dari panggilan warga yang minta tolong

Ketua Relawan Penangkap Ular Terbaring Lemas Usai Dipatuk Kobra JawaLima bayi ular kobra ditangkap petugas Damkar Kota Bekasi di gudang pabrik di KH Agus Salim 22 RT 1 /08, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Selasa (17/12). Dok. Damkar Bekasi

Pada saat kejadian, Turandi mendapatkan laporan dari warga di salah satu perumahan kawasan Bintaro pada Sabtu (23/12) malam, terkait keberadaan ular. Ia bersama rekannya langsung bergegas untuk melakukan penangkapan ular bersama temannya.

Sesampainya di lokasi, Turandi langsung menyisir tiap lokasi yang dicurigai sebagai sarang ular. 

Saat itu, dia mendengar desisan ular dari balik tumpukan barang bekas.

Baca Juga: Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan Bisa

2. Korban lengah tak menggunakan alat tangkap ular saat kejadian

Ketua Relawan Penangkap Ular Terbaring Lemas Usai Dipatuk Kobra JawaPetugas Damkar Jaktim evakuasi ular kobra di dapur, Minggu (22/12) / istimewa

Namun, di saat ingin membuka tumpukan barang bekas. Turandi tidak memegang tongkat penangkap ular, yang langsung disambar ular kobra.

"Jadi posisinya di samping rumah warga ada lahan kosong. Tongkat penangkap ular (grab stick) saya letakkan dengan maksud ingin mendengarkan desis ular. Pas saya angkat (berang bekas) ternyata ular itu sudah siap, langsung menyerang tangan kiri saya. Saya gak pegang tongkat karena itu tadi mau dengar desisan ular itu," kata Turandi di RSU Tangsel, Senin (23/12).

3. Usai digigit, korban sempat menahan ular agar tak lari dan menggigit yang lain

Ketua Relawan Penangkap Ular Terbaring Lemas Usai Dipatuk Kobra JawaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ketika dipatuk ular, Turandi langsung sigap mencengkram ular tersebut agar tidak lepas. Kemudian diserahkan kepada temannya.

"Saya bantu dengan kaki biar ular tidak lari.  Setelah ular aman, baru saya dievakuasi. Saya baru ini dipatuk ular darah sampai ngocor banyak banget. Saat abis dicatok itu saya seperti keram gitu tangan saya, makanya saya langsung bidai biar tak menyebar bisanya," ujarnya.

4. Gigitan Kobra Jawa sebabkan tangan kirin Turandi bengkak

Ketua Relawan Penangkap Ular Terbaring Lemas Usai Dipatuk Kobra Jawa

Diketahui, dari penuturan Turandi. Jenis ular yang mematuk tangan kirinya berjenis ular Kobra Jawa dengan panjang sekitar satu meter.

"Kalau jenisnya sih itu ular Kobra Jawa. Kalau ukurannya ada sekitar satu meteran," imbuhnya. 

Saat ini Turandi telah ditangani di RSU Tangsel sudah berlangsung selama dua hari. Meski kondisi telah membaik, namun tangan kirinya masih terlihat membengkak meski telah dibalut perban.

Baca Juga: Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh Warga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya