Comscore Tracker

Ketika Petugas Kebersihan Bandara Soetta Buat Takjub Orang Jepang

Surat dari orang Jepang tersebut viral

Jakarta, IDN Times – Sebuah surat berisi tulisan tangan seorang warga negara Jepang viral di media sosial. Surat tersebut berisikan pujian WNA itu kepada seorang petugas kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Surat itu mendadak viral setelah foto surat itu dibagikan akun Twitter, @mantriss. Sejak dibagikan pada Minggu (19/1) lalu, foto tersebut berhasil mengumpulkan 23,6 ribu tanda suka (like) dan 10,7 ribu retweet dalam postingan tersebut.

Seperti apa sih isi suratnya? Yuk, kita simak.

Baca Juga: Ini Pendapat Mengejutkan Para Warga Jepang Terhadap Film Porno Jepang

1. Ditulis pada 30 Desember 2019, namun baru viral akhir-akhir ini

Ketika Petugas Kebersihan Bandara Soetta Buat Takjub Orang JepangSurat penumpang Bandara Soekarno-Hatta asal Jepang yang viral (Twitter/@mantriss)

Surat tersebut ditulis oleh Noriyuki Nakamura. Dia menceritakan bahwa ini adalah kali kedua dia mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), dan dia sangat memujinya.

Surat tersebut memang baru viral akhir-akhir ini, namun ternyata telah ditulis oleh Nakamura pada 30 Desember 2019. Dia juga mencantumkan keberangkatannya, yakni Jakarta – Hong Kong – Jepang.

Cleaning staff are so amazing,” tulis Noriyuki dalam surat tersebut.

2. Penumpang asal Jepang ini terkejut dengan keuletan petugas kebersihan

Ketika Petugas Kebersihan Bandara Soetta Buat Takjub Orang JepangSurat penumpang Bandara Soekarno-Hatta asal Jepang yang viral (Twitter/@mantriss)

Dalam badan surat dia menceritakan pengalamannya saat melihat seorang perempuan muda yang sedang membersihkan karpet besar dengan hati-hati. Pengalaman itulah yang membuatnya menulis surat karena kagum dengan kinerja perempuan tersebut.

Lebih jauh, dia merasa terpukul karena melihat petugas kebersihan tersebut harus mengangkat beban berat seperti tempat sampah berbahan besi. Apalagi ketika petugas kebersihan itu mengelap bagian luar hingga dalam tempat sampah tersebut.

"She also checked to see if there was no strage sound from the opening of lid,”  Noriyuki menambahkan.

3. Nakamura penasaran apakah petugas kebersihan itu mendapatkan pelatihan khusus

Ketika Petugas Kebersihan Bandara Soetta Buat Takjub Orang JepangIDN Times/Sunariyah

Menurut dia, tidak ada orang di Jepang yang bisa melakukan hal yang sama seperti itu. Nakamura penasaran apakah petugas kebersihan yang dia maksud mendapatkan pelatihan khusus.

Dia juga mengatakan bahwa memang benar, Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara yang besar. Bandara yang dibuka pada 1985 ini menurut Nakamura, perlu banyak perhatian karena sangat luas.

Karena itu, dia merasa bahwa para pekerja kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta secara tidak langsung menyampaikan pesan lewat pekerjaannya, untuk mengatakan pada penumpang agar mau menjaga kebersihan dan ramah.

You should be highly proud of your workers as the best asset,” ujarnya.

Baca Juga: Kualanamu Kini Punya Ruang Tunggu Premium untuk Pelanggannya 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya