Viral Surat WNA Jepang, Takjub Lihat Petugas Kebersihan Bandara Soetta

Penumpang asal Jepang ini kaget lihat keuletan petugas itu

Jakarta, IDN Times – Sebuah surat mendadak viral di media sosial. Surat tersebut menarik perhatian warganet setelah akun Twitter, @mantriss, membagikan foto yang memperlihatkan sepucuk surat berbahasa Inggris yang berisikan sebuah pujian.

Pujian tersebut dilontarkan seorang warga negara Jepang yang kagum dengan kinerja seorang petugas kebersihan Bandara Soekarno-Hatta. Sejak dibagikan pada Minggu (19/1) lalu, foto tersebut berhasil mengumpulkan 23,6 ribu tanda suka (like) dan 10,7 ribu retweet dalam postingan tersebut.

Baca Juga: Promosi Pariwisata, Pemkab Lebak Buka Booth Baduy di Bandara Soetta 

1. Ditulis pada 30 Desember 2019, namun baru viral akhir-akhir ini

Viral Surat WNA Jepang, Takjub Lihat Petugas Kebersihan Bandara SoettaSurat penumpang Bandara Soekarno-Hatta asal Jepang yang viral (Twitter/@mantriss)

Surat tersebut ditulis oleh Noriyuki Nakamura. Dia menceritakan bahwa ini adalah kali kedua dia mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), dan dia sangat memujinya.

Surat tersebut memang baru viral akhir-akhir ini, namun ternyata telah ditulis oleh Nakamura pada 30 Desember 2019. Dia juga mencantumkan keberangkatannya, yakni Jakarta – Hong Kong – Jepang.

Cleaning staff are so amazing,” tulis Noriyuki dalam surat tersebut.

2. Penumpang asal Jepang ini terkejut dengan keuletan petugas kebersihan

Viral Surat WNA Jepang, Takjub Lihat Petugas Kebersihan Bandara SoettaSurat penumpang Bandara Soekarno-Hatta asal Jepang yang viral (Twitter/@mantriss)

Dalam badan surat dia menceritakan pengalamannya saat melihat seorang perempuan muda yang sedang membersihkan karpet besar dengan hati-hati. Pengalaman itulah yang membuatnya menulis surat karena kagum dengan kinerja perempuan tersebut.

Lebih jauh, dia merasa terpukul karena melihat petugas kebersihan tersebut harus mengangkat beban berat seperti tempat sampah berbahan besi. Apalagi ketika petugas kebersihan itu mengelap bagian luar hingga dalam tempat sampah tersebut.

"She also checked to see if there was no strage sound from the opening of lid,”  Noriyuki menambahkan.

3. Nakamura penasaran apakah petugas kebersihan itu mendapatkan pelatihan khusus

Viral Surat WNA Jepang, Takjub Lihat Petugas Kebersihan Bandara SoettaIDN Times/Sunariyah

Menurut dia, tidak ada orang di Jepang yang bisa melakukan hal yang sama seperti itu. Nakamura penasaran apakah petugas kebersihan yang dia maksud mendapatkan pelatihan khusus.

Dia juga mengatakan bahwa memang benar, Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara yang besar. Bandara yang dibuka pada 1985 ini menurut Nakamura, perlu banyak perhatian karena sangat luas.

Karena itu, dia merasa bahwa para pekerja kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta secara tidak langsung menyampaikan pesan lewat pekerjaannya, untuk mengatakan pada penumpang agar mau menjaga kebersihan dan ramah.

You should be highly proud of your workers as the best asset,” ujarnya.

Baca Juga: Keren! Bandara Soetta Punya Robot untuk Bersihkan Lantai Terminal

Topik:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya