Surat Suara Masih Dihitung, Donald Trump Klaim Menangi Pilpres AS 2020

Trump raih banyak suara di Texas

Jakarta, IDN Times - Calon presiden petahanan Amerika Serikat Donald Trump berpidato di depan publik saat penghitungan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) masih berlangsung. 

Dikutip dari akun Twitter @teamtrump, dalam pidatonya Trump mengklaim menang di Pilpres AS 2020 dan mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

"Sejujurnya kita memenangkan pemilihan ini," kata Trump di Gedung Putih, AS, Rabu (4/11/2020).

Dalam pidato ini dia juga mengatakan bahwa pendukungnya sudah siap untuk berpesta. "Kita telah siap dengan perayaan yang besar," kata Trump.

1. Trump memenangkan suara di beberapa negara bagian

Trump juga menjelaskan sudah memimpin perolehan suara di beberapa negara bagian seperti Texas, Ohio, Georgia, North Carolina, Michigan hingga Pennsylvania. Texas sendiri merupakan basis yang kuat bagi Partai Republik yang menaungi Trump.

"Kita menang di Texas. Kita memenangkan Texas dengan selisih 700 ribu suara dan itu bahkan tidak dimasukkan ke dalam tabulasi," ujar dia.

2. Trump tuding lawannya, Joe Biden, melakukan kecurangan

Surat Suara Masih Dihitung, Donald Trump Klaim Menangi Pilpres AS 2020Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara untuk mendebat moderator Kristen Welker dari NBC bersama dengan Ibu Negara Melania Trump setelah debat kampanye kepresidenan 2020 kedua dengan calon presiden dari Demokrat Joe Biden di Belmont University di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Kamis (22/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Dia juga mengatakan, ada kecurangan dalam pilpres yang sedang berlangsung. Dia merasa dicurangi oleh Biden. 

"Ini adalah sebuah hal yang memalukan untuk negara kita," ujarnya.

Trump berencana akan menggugat hasil Pilpres 2020 ke Mahkamah Agung.

3. Perolehan suara sementara Biden 238, Trump 213

Surat Suara Masih Dihitung, Donald Trump Klaim Menangi Pilpres AS 2020Joe Biden bersama Kamala Harris (Twitter.com/JoeBiden)

Dilansir dari situs Interactive Ajazeera.com, hingga pukul 16.40 WIB perolehan suara untuk calon presiden Donald Trump dan wakil presiden Mike Pence sudah menyasar 213 negara bagian. Texas menjadi negara bagian tertinggi yang dimenangkan oleh Trump.

Sedangkan calon presiden dari Partai Demokrat yakni Joe Biden dan wakil presiden Kamala Harris, sudah mendapat suara di 238 negara bagian dengan perolehan terbanyak di California.

Baca Juga: Fakta Pilpres AS 2020 Kamu Perlu Tahu, Trump atau Biden yang Menang? 

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya