Comscore Tracker

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang Rupiah

Kita harus #MenjagaIndonesia

Jakarta, IDN Times - Perjuangan merebut kemerdekaan bukan hanya dilakukan oleh pahlawan laki-laki saja, tapi juga oleh perempuan Indonesia.

Perjuangan para perempuan ini sama sengitnya dengan yang dilakukan pejuang laki-laki. Pengorbanan mereka juga tak kalah besar.

Nah, untuk mengenang  perjuangan para perempuan hebat tersebut, pemerintah kemudian mengabadikan potret mereka dalam lembar rupiah. Siapa sajakah mereka? Berikut lima di antaranya.

1. R.A. Kartini

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang RupiahInstagram/@Uang_kuno_18_rupiah

R.A. Kartini adalah perempuan pertama yang muncul di uang kertas Indonesia pada tahun 1953. Pada saat itu Bank Indonesia mencetak uang Rp5 bergambar R.A. Kartini.

Setelah itu, sosok R.A Kartini kembali muncul pada nominal Rp10.000, portret dirinya muncul di bagian depan, dan bagian belakang adalah gambar wisudawati. Uang ini diedarkan tahun 1985 sebelum ditarik pada 1995.

Baca Juga: Ruhana Kuddus, Wartawati Pertama di Indonesia Dapat Gelar Pahlawan

2. Cut Nyak Meutia

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang RupiahCut Meutia dalam uang kertas pecahan Rp1000 (IDN Times/Doni Hermawan)

Cut Nyak Meutia merupakan satu dari dua pahlawan perempuan asal Aceh yang sempat muncul di uang rupiah. Potret Cut Nyak Meutia pertama kali digunakan pada emisi 1992 pada nominal Rp1.000 dan Rp5.000, dalam bentuk tanda air (watermark). Kedua nominal tersebut ditarik pada 2006.

Selain itu potret Cut Nyak Meutia juga terlihat di nominal yang sama pada 2000, 2001 dan 2006. Pada 2016 potret Cut Nyak Meutia baru dimunculkan sebagai gambar depan pada nominal Rp1.000.

3. Cut Nyak Dien

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang RupiahInstagram/collector_uang_kuno

Pahlawan perempuan asal Aceh lainnya yakni Cut Nyak Dien juga pernah muncul sekali di gambar depan nominal Rp10.000 yang diluncurkan pada 1998 namun ditarik pada 2008.

Dirinya dikenal sebagai pahlawan di masa perang Aceh dan berjuang bersama sang suami yakni Teuku Umar.

4. Martha Christina Tiahahu

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang RupiahWikipedia.org

Martha Christina Tiahahu adalah pahlawan perempuan yang berasal dari Maluku. Martha berjuang melawan Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817. Martha resmi menjadi Pahlawan Nasional pada 20 Mei 1969.

Dirinya pernah muncul di nominal Rp5.000 emisi 1985 dan ditarik dari peredaran pada 1995.

5. Dewi Sartika

Harus Diingat! 5 Pahlawan Perempuan Ini Pernah Ada di Uang RupiahWikipedia.org

Dewi Sartika adalah tokoh perempuan Indonesia asal Bandung. Dirinya adalah sosok perintis pendidikan bagi kaum wanita dan diakui sebagai Pahlawan Nasional pada 1966.

Dewi Sartika sempat muncul di uang kertas rupiah dengan nominal Rp5.000 emisi 1982 lalu ditarik dari peredaran pada 1992.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Kisah Asmara Pierre Tendean, Bersemi di Medan Berakhir di Lubang Buaya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya