Akibat Bau Durian, 550 Orang Dievakuasi

Bau gas menyengat bikin kaget seisi perpustakaan

Canberra, IDN Times - Perpustakaan Universitas Canberra, Australia, dibikin heboh oleh bau durian yang sangat menyengat pada Jum'at (10/5) lalu. Akibat kejadian tersebut, 550 orang sampai harus dievakuasi.

Wah, seperti apa kronologinya?

Baca Juga: Gaza Semakin Memanas, Warga Palestina Ditembak Mati Tentara Israel

1. Ada bau gas di sekitaran kampus

Akibat Bau Durian, 550 Orang Dievakuasipeakpx.com

Seperti dilansir The Canberra Times, Badan Layanan Darurat setempat mengatakan bahwa mereka mendapatkan laporan mengenai bau gas yang menyengat pada Jumat (10/5) sore. Petugas kebakaran pun langsung diturunkan untuk melihat kejadian tersebut.

Satu jam setelahnya, dilaporkan melalui akun Facebook resmi Perpustakaan Universitas Canberra bahwa gas menyengat tersebut berasal dari durian yang dibuang di tempat sampah sekitar perpustakaan.

2. Perpustakaan dibuka kembali setelah dilakukan pemantauan

Akibat Bau Durian, 550 Orang Dievakuasifacebook.com/ucanlibrary

Akibat kejadian tersebut, sekitar 550 orang yang berada di gedung sampai harus dievakuasi! Menurut laporan Badan Layanan Darurat Australia, perpustakaan kembali dibuka setelah petugas hazmat (materi yang berbahaya apabila tanpa pengawasan, semisal karena mudah terbakar atau beracun, red.) melakukan pengecekan atmosfer di sekitar kampus dan memastikan daerah tersebut sudah aman.

Menurut berbagai sumber, penjaga perpustakaan mengatakan bahwa membawa makanan dan minuman diperbolehkan namun hanya sampai di level B. Selain itu, dia mengatakan jika ini adalah perbuatan yang disengaja oleh mahasiswa, sangatlah tidak masuk akal.

3. Durian, buah kegemaran warga Asia

Akibat Bau Durian, 550 Orang DievakuasiPixabay.com

Durian merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara. Nama durian diambil karena kulitnya yang tajam menyerupai duri. Selain itu, durian juga dijuluki sebagai 'raja dari segala buah' atau 'King of Fruit.'

Buah durian merupakan buah yang cukup kontroversial karena sebagian orang menyukainya berkat rasa yang manis dan daging buah yang lembut. Sedangkan sebagian lagi tidak menyukainya dengan alasan bau yang menyengat. Di Asia sendiri, buah durian memang menjadi buah kebanggaan.

4. Buah durian dilarang di berbagai transportasi

Akibat Bau Durian, 550 Orang DievakuasiGoogle

Akibat baunya yang sangat menyengat, beberapa transportasi umum melarang penumpang untuk membawa buah tersebut. Hal tersebut agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Di kalangan penikmat durian sendiri, sudah beredar umum mengenai trik menghilangkan bau setelah mengonsumsi buah tersebut. Caranya, dengan menuangkan air ke kulit durian bagian dalam dan minum atau berkumur-kumur dari sana. Hal ini dinilai efektif untuk mengurangi bau durian yang menyengat.

 

Baca Juga: Jepang Mulai Uji Coba Shinkansen Tercepat di Dunia

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya