Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!

Pastikan cuci tangan setelah memegang benda di tempat umum

Upaya untuk memerangi virus corona atau COVID-19 terus dilakukan oleh ahli medis. Beriringan dengannya, para peneliti juga terus bekerja untuk memahami perilaku dari virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini. 

Salah satu hal penting yang baru saja ditemukan adalah virus ini kemungkinan besar bisa hidup walaupun berada di permukaan benda mati. Jadi ketika kita memegangnya dan menyentuh mulut, hidung, serta mata, kita akan terinfeksi olehnya. 

Namun berapa lama virus tersebut bisa bertahan di luar tubuh? Dan seberapa besar kemungkinan tertular lewat jalur tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Berkaca dari SARS, virus corona kemungkinan bisa bertahan hingga sembilan hari di benda mati

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!onhealth.com

COVID-19 masih berada dalam satu rumpun dengan SARS-CoV, virus penyebab SARS yang mewabah pada 2003 silam. Oleh karena itu, COVID-19 kemungkinan besar memiliki sifat dan perilaku yang menyerupai SARS-CoV. Salah satunya adalah kemampuan mereka saat bertahan di benda mati.

Berdasarkan puluhan studi yang telah dilakukan sebelumnya, peneliti menemukan bahwa patogen manusia seperti virus bisa bertahan di benda mati dan tetap menular selama kurang lebih sembilan hari. Bisa disimpulkan bahwa itulah waktu maksimal virus corona untuk hidup di luar tubuh manusia. 

2. Ada kondisi tertentu yang membuat virus bisa bertahan lebih lama di luar tubuh

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!freepik.com

Di sisi lain, menurut laporan dari Science Alert, virus yang masih menjadi keluarga dari COVID-19 rata-rata bisa hidup antara empat hingga lima hari dalam permukaan yang beragam. Mulai dari aluminium, kayu, kertas, plastik, dan kaca. 

Ternyata waktu tersebut bergantung pada beberapa faktor. Berikut ini di antaranya:

  • Semakin rendah suhu sekitar, semakin lama virus bertahan
  • Kelembapan udara yang tinggi memungkinkannya untuk hidup lebih lama
  • Virus bisa bertahan lebih baik di logam yang keras dan plastik

Walaupun begitu, penelitian terhadap virus corona masih sangat terbatas, jadi kita tidak bisa mengukur waktu tersebut dengan pasti. 

Baca Juga: Jangan Panik walau Virus Corona Menyerang Indonesia, Ini Alasannya!

3. Kemungkinan tertular dari benda mati tidak sebesar penularan manusia

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!glbnews.com

Lalu seberapa signifikan penularan virus corona melalui benda mati? Dilansir dari The Guardian, kemungkinan ini bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan penularan antarmanusia. 

Bahkan Dr Ben Killingley, konsultan infeksi dan obat akut di University College London mengatakan bahwa mekanisme penularan ini seperti lotre. Hanya orang yang kena sial yang mungkin tertular melalui benda mati. 

4. Cara mencegah penularan lewat benda mati

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!(IDN Times/Sukma Shakti)

Walaupun risiko tertular lewat benda mati cukup kecil, kita harus tetap waspada. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan tersebut. Berikut ini di antaranya:

  • Selalu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan
  • Cuci tangan juga harus dilakukan setelah beraktivitas di tempat publik
  • Selalu bawa hand sanitizer sebagai upaya jaga-jaga ketika tidak ada air dan sabun
  • Jangan sentuh mulut, hidung, dan mata ketika berada di tempat publik
  • Bersihkan benda-benda yang sering kamu pakai, seperti handphone, mouse, laptop, kartu, botol minum, dan lain-lain.

5. Cara mematikan virus yang ada di benda mati

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari di Benda Mati, Jangan Asal Sentuh!bournemouthecho.co.uk

Untung saja, virus yang berada di luar tubuh cenderung lebih lemah. Cara terbaik untuk menghilangkan daya tular mereka adalah menggunakan cairan hidrogen peroksida, etanol, dan sodium hipoklorit, seperti dilansir Medical News Today. 

Ketiga bahan itu sangat efektif dan hanya membutuhkan waktu satu menit untuk membunuh virus. Kita bisa menemukannya dalam cairan desinfektan, sebagian hand sanitizer, pembersih kamar mandi, dan beberapa jenis sabun. 

Sebenarnya kunci dari mencegah penularan virus corona terletak pada kebersihan diri sendiri. Maka dari itu, jangan lalai dalam urusan mencuci tangan dan tubuhmu. Selain itu, pastikan pula untuk selalu jaga kesehatan dengan pola makan yang benar dan berolahraga. Jika tubuhmu bersih dan sehat, virus pun enggan untuk singgah. 

Baca Juga: Ini Cara Menangkal Virus Corona di KRL dan Transportasi Publik Lainnya

Topik:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya