Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphone

WiFi bakal kencang dan koneksi nyaman

Kebutuhan kita akan internet sudah bukan lagi sampingan. Namun sudah menjadi kebutuhan utama.

Sebab, aktivitas sehari-hari termasuk urusan kerjaan sudah hampir menggunakan internet seluruhnya. Apalagi di era digitalisasi saat ini.

Nah, untuk itu kita membutuhkan akses internet yang cepat. Selain lewat paket internet, WiFi dibutuhkan dengan akses internet yang unlimited.

Namun masalahnya, sering kali handphone kita menangkap sinyal WiFi dengan lemah. Apa yang perlu dilakukan? Yuk simak cara berikut ini!

1. Cek apakah case handphone yang kamu gunakan memperburuk sinyal

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonesmartphoto.com

Dalam banyak kasus, case handphone yang kamu pakai membuat sinyal WiFi jadi lebih buruk. Apalagi jika case-mu terbuat dari logam. Untuk mengetahui apakah ini terjadi pada dirimu, kamu harus menjalankan speed test.

Pertama, coba tes saat kamu menggunakan case. Kemudian, jalankan tes lagi tapi tanpa memakai case handphone. Jika hasil speed test kedua lebih baik daripada yang pertama, kamu sebaiknya melepas case-mu.

2. Update radio atau firmware

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonetech-coffee.net

Jika koneksi WiFi di handphone-mu sangat buruk, firmware yang ketinggalan zaman bisa menjadi salah satu alasannya. Firmware atau perangkat tegar adalah software yang melakukan berbagai proses rutin di Read Only Memory (ROM). Kamu bisa melakukan update melalui Settings > About Phone > System/Software Update.

Baca Juga: 7 Smartphone dengan Fast-Charging Terbaik, Isi Cepat dan Tahan Lama

3. Gunakan aplikasi penguat sinyal

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonewikihow.com

Cara paling mudah untuk memperkuat sinyal WiFi di handphone adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Kamu bisa mencarinya di Play Store dan App Store. Salah satu yang bisa kamu coba adalah WiFi Booster & Analyzer. 

Ada beberapa fitur yang bisa kamu coba. Misalnya tombol Boost untuk meningkatkan sinyal WiFi di handphone-mu. Kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih cepat daripada orang lain. 

4. Setel handphone untuk menghindari koneksi yang buruk

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonefonpit.de

Kamu juga bisa mengatur agar handphone-mu menghindari WiFi dengan koneksi buruk. Dengan begitu WiFi yang ditampilkan hanyalah mereka yang memiliki kualitas koneksi baik. Untuk melakukannya, buka Settings > WiFi > Advanced Setings. Di sana kamu akan melihat kotak centang untuk menghindari koneksi buruk. 

5. Ubah frekuensi menjadi 5 GHz

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonepicdn.net

Pada umumnya handphone Android tipe lama menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Ia memiliki cakupan yang luas dan sinyal yang kuat. Akan tetapi sudah terlalu banyak orang yang menggunakannya sehingga kadang terjadi gangguan.

Sedangkan pada frekuensi 5 GHz, terdapat lebih banyak ruang kosong karena tidak tumpang tindih. Oleh karena itu, gantilah frekuensimu menjadi 5 GHz melalui Settings > WiFi > Advanced Settings > WiFi Frequency Band.

6. Pindahkan router ke tempat yang tepat

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphonevox-cdn.com

Jika kamu memiliki WiFi di rumah tetapi sinyalnya tidak kuat, maka coba cari tempat yang tepat untuk menempatkan router. Kenapa ini penting? Router memiliki jangkauan sinyal yang terbatas. 

Misalnya jika terhalang tembok, kamu tidak akan mendapatkan sinyal yang kuat. Oleh karena itu kamu harus menempatkannya di area yang dekat denganmu. Jika kesulitan mencari spot yang bagus, coba gunakan aplikasi WiFi FDTD Solver.

7. Jangan sampai orang lain menggunakan WiFi-mu

Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphoneelectronicproducts.com

Jika kamu merasa ada penurunan kualitas dan kecepatan WiFi di rumahmu, ada kemungkinan orang lain menggunakannya. Mungkin saja tetangga, teman atau siapa pun itu. Oleh karena itu, gunakan password yang rumit agar sulit untuk dibobol.

Cara lain untuk mencegah hal ini adalah dengan mengaktifkan Broadcast SSIB di pengaturan WiFi. dengan begitu, orang lain tidak akan bisa menemukannya. 

Nah, bagaimana? Udah kamu terapkan belum? Semoga bermanfaat ya agar koneksimu lancar jaya.

Baca Juga: 7 Smartphone Flagship 2019 dengan Harga Terjangkau, Andalan Nih

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You