Comscore Tracker

Polisi Tangkap Tersangka Baru Terkait Hoaks Surat Suara, Apa Perannya?

Pelaku intelektual terus dicari

Jakarta, IDN Times - Hari ini, Jumat (11/1), Polda Metro Jaya mengumumkan bahwa mereka telah menangkap satu tersangka baru terkait kasus hoaks surat suara yang sudah dicoblos dalam tujuh kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Hari ini, kami akan merilis tersangka baru terkait hoaks ini. Pelaku ditangkap di Banten," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, seperti dikutip dari Antara, di Gedung Mabes Polri, Jumat (11/1) siang.

1. Walau buzzer, bukan berarti ia tidak ikut membuat konten hoaks

Polisi Tangkap Tersangka Baru Terkait Hoaks Surat Suara, Apa Perannya?ANTARA/Reno Esnir

Masih menurut Dedi, polisi masih mendalami peran tersangka yang disebut berperan sebagai buzzer ini.

Menurut kepolisian, walau 'hanya' sebagai buzzer, tak menutup kemungkinan pelaku yang akan diungkap ini berperan seperti tersangka BBP yakni sebagai pembuat konten hoaks sekaligus penyebar di media sosial atau buzzer.

Baca Juga: Polisi Tangkap Otak Penyebaran Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Dicoblos

2. Terus mencari aktor intelektual di balik kasus ini

Polisi Tangkap Tersangka Baru Terkait Hoaks Surat Suara, Apa Perannya?ANTARA/Reno Esnir

Dilanjutkan oleh Dedi, pihak kepolisian kini masih menelusuri aktor intelektual di balik kasus hoaks surat suara. Salah satu cara yang ditempuh adalah menelusuri jejak digital tersangka BBP dan tersangka baru yang ditangkap di Banten.

"Hasil dari Polda Metro Jaya kita gabung dengan hasil dari Bareskrim. Nanti kita dalami ini ke mana larinya, dan siapa aktor intelektualnya," ujar Dedi.

3. Polisi juga akan mencari penyandang dana pembuat hoaks

Polisi Tangkap Tersangka Baru Terkait Hoaks Surat Suara, Apa Perannya?kominfo.go.id

Selain memburu aktor intelektual, polisi kini juga tengah menyelidiki siapa penyandang dana dari para pembuat hoaks ini.

Dengan tertangkapnya satu tersangka baru sebagai buzzer dan juga BBP sebelumnya, polisi juga telah menangkap tiga tersangka penyebar namun tidak ditahan karena hanya turut menyebarkan saja.

Baca Juga: Kubu Prabowo Bantah Kenal Tersangka Pencipta Hoaks Surat Suara 

Topic:

  • Arifin Alamudi

Just For You