Usia 20-an hingga 80-an, Siapakah Anggota DPR MPR Tertua dan Termuda?

Nama pimpinan sementara pun dibacakan

Jakarta, IDN Times - Calon terpilih DPR 2019 dilantik pagi ini, di Kompleks Parlemen DPR RI, Selasa (1/10). Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 akan diambil sumpahnya oleh Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo.

Beberapa wajah lama dari anggota baru ini akan kembali menghiasi layar anggota DPR RI, mereka diantaranya Fadli Zon, Mardani Ali Sera, Bambang Soesatyo. Selain itu, terdapat wajah baru, seperti Hillary Lasut dari NasDem, Putri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte dari PDIP.

Rentang usia para anggota DPR RI cukup jauh dari yang tertua dan termuda. Sekjen KPU Arif Rahman Hakim menyebut anggota tertua pertama ada H Abdul Wahab Dalimunthe SH, 80. Pria yang lahir di Rantau Prapat, 10 Januari 1939 itu berasal dari Partai Demokrat, Dapil Sumut I. Sedangkan, anggota termuda, Hillary Briggita Lasut, 23, lahir Manado 22 Mei 1996, dari partai Nasdem, Dapil Sulut.

Selanjutnya, untuk anggota DPD dan MPR, yang tertua ialah Sabam Sirait, 82, lahir di Tanjung Balai 13 Oktober 1936, dapil DKI Jakarta. Sedangkan, anggota termudanya Jiallica Maharani, 22. Ia lahir di Palembang 20 September 1997, Dapil Sumsel.

Berdasarkan pengumuman KPU RI, Sekjen DPR, Indra Iskandar menunjuk pimpinan DPR sementara. Mereka adalah Abdul Wahab Dalimunthe SH, F-Demokrat, Sumut 1. Wakil ketua sementata, Hillary Brigitta Lasut dari Nasdem, Dapil Sulut. 

Sementara itu Sekjen DPD RI, Reydonnizar Moenek mengumumkan pimpinan sementara DPD RI 1 Oktober. Mereka adalah Sabam Sirait sebagai ketua dan diwakili oleh Jiallica Maharani.

Baca Juga: Jelang Pelantikan, Anggota DPR, MPR dan DPD Menginap di 3 Hotel Mewah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya