Comscore Tracker

Anggota DPR Tertua dari Sumut, Ditunjuk Jadi Pimpinan Sementara

Yang termuda berusia 23 tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik 575 anggota DPR RI periode 2019-2024 di Komplek Parlemen DPR RI, Selasa (1/10). Wajah-wajah lama masih terlihat, namun penyegaran juga ada dengan banyaknya wajah baru.

Salah satunya wajah lama adalah H Abdul Wahab Dalimunthe SH. Pria 80 tahun ini memang kembali terpilih ke Senayan.  Pria yang lahir di Rantau Prapat, 10 Januari 1939 itu berasal dari Partai Demokrat, Dapil Sumut I ini menjadi anggota DPR tertua.

Wahab memang politisi senior dari Sumut yang sudah malang melintang di dunia perpolitikan tanah air. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Taput dan Wakil Gubernur Sumut.

Beberapa wajah lama lainnya adalah Fadli Zon, Mardani Ali Sera, Bambang Soesatyo.  Selain itu, terdapat wajah baru, seperti Hillary Lasut dari NasDem, Putri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte dari PDIP.

Hillary menjadi anggota DPR termuda dengan usia 23 tahun. Ia  lahir Manado 22 Mei 1996, dari partai Nasdem, Dapil Sulut.

Berdasarkan pengumuman KPU RI, Sekjen DPR, Indra Iskandar menunjuk pimpinan DPR sementara. Mereka adalah Abdul Wahab Dalimunthe SH, F-Demokrat, Sumut 1. Wakil ketua sementata, Hillary Brigitta Lasut dari Nasdem, Dapil Sulut. 

Selanjutnya, untuk anggota DPD dan MPR, yang tertua ialah Sabam Sirait, 82, lahir di Tanjung Balai 13 Oktober 1936, dapil DKI Jakarta. Sedangkan, anggota termudanya Jiallica Maharani, 22. Ia lahir di Palembang 20 September 1997, Dapil Sumsel.

Sementara itu Sekjen DPD RI, Reydonnizar Moenek mengumumkan pimpinan sementara DPD RI 1 Oktober. Mereka adalah Sabam Sirait sebagai ketua dan diwakili oleh Jiallica Maharani.

Baca Juga: [FOTO] Demo DPR, Bentrok Demonstran dan Polisi Terjadi Lagi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya