Comscore Tracker

Najwa Shihab Sebut Jurnalis Memang Gak Netral, Ini Alasannya

Najwa berbicara di panggung IWF 2019

Jakarta, IDN Times -  IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Najwa Shihab. Founder Narasi TV ini menjawab beberapa pertanyaan soal keberpihakan jurnalis. Namun Najwa melontarkan jawab yang membuat penikmat IWF terdiam.

“Memang kenapa berpihak? Harus dibedakan netral dan independen,” kata Najwa ditemani Editor in Chief of IDN Times Uni Lubis, dan Novelis Indonesia Ayu Utami, di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara, Tanggerang, Jumat (6/7).

Menyambung jawaban Najwa, Uni Lubis pun lantas menerangkan, tidak ada teori yang menyebutkan jurnalis itu harus netral. Yang ada adalah harus independen dan objektif.

Najwa mengatakan jika independen tidak ada kepentingan apa pun, dia hanya punya kepentingan kepada publik. "Fakta dan verifikasi jadi kunci,” ujar Najwa.

Dia pun mencontohkan melalui konten tayangannya beberapa waktu lalu. Dalam salah satu edisi, program Mata Najwa mengangkat tema ‘PSSI Bisa Apa?’.

“Apakah saya netral?” tanya Najwa.

“Yang saya peduli adalah kepentingan publik, saya gak mau jadi Ketua PSSI, saya gak punya klub bola,” ucapnya.

Tak berhenti di situ, Najwa pun menyinggung sikap millennials hari ini. Ia khawatir dengan "bungkamnya" mulut-mulut anak muda untuk mengkritisi berbagai hal yang terjadi, seperti usaha pelemahan KPK lewat revisi UU 30 Tahun 2002.

"Di sinilah, yang muda jangan tutup mata. Apalagi netral. Jadi anak muda jangan netral-netralan, tunjukkan keberpihakan. Anak muda jangan mau diam, kritis dan berbicara,” tutup Najwa.

Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Kumpulan Cerpen Karya Community Writer Diluncurkan di IWF 2019

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya