Lagi, Densus 88 Bekuk Teroris di Deli Serdang   

BA terlibat menyiapkan senjata api latihan jihad

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris berinisial BA di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Kamis (1/7/2021).

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, BA merupakan anggota kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI).

“Keterlibatannya itu tahun 2015 dia mengikuti latihan menembak bersama anggota Rodifah Isobah Barat Kodimah Barat Jemaah Islamiah,” kata Ramadhan saat dihubungi, Jumat (2/7/2021).

1. BA berperan menyiapkan senjata api latihan jihad

Lagi, Densus 88 Bekuk Teroris di Deli Serdang   Anggota JAD Sulsel yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri/Polda Sulsel

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Jakarta dan Bangka Belitung

Ramadhan menjelaskan, BA pada 2014 terlibat dalam perannya menyiapkan senjata api sebagai alat latihan jihad. BA juga menjabat sebagai Ketua Khidmat Rodifah Isobah Barat JI.

“Sejak 2017 terpilih sebagai ketua koperasi Attoyibah yang merupakan koperasi milik Rodifah Isobah JI dan sebagai penanam modal koperasi Attoyibah tersebut,” ujar Ramadhan.

2. Densus 88 akan melakukan penggeledahan tempat penyimpanan barang bukti

Lagi, Densus 88 Bekuk Teroris di Deli Serdang   Ilustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Setelah penggeledahan kemarin, rencananya Densus 88 akan melakukan penggeledahan terhadap yang diduga tempat penyimpanan barang bukti. 

“Tentunya dilakukan pemeriksaan dan interogasi dalam mengembangkan tersangka lainnya,” ujar Ramadhan. 

3. BA menjalani pemeriksaan di Polda Sumut sebelum diterbangkan ke Jakarta

Lagi, Densus 88 Bekuk Teroris di Deli Serdang   Kedatangan 23 teroris di Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia)

Saat ini, BA menjalani pemeriksaan di Polda Sumatera Utara dan selanjutnya akan diterbangkan ke Jakarta. 

Sebelumnya, Densus 88 juga menangkap tiga terduga teroris lain di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Bangka Belitung (Babel). Ketiga terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu berinisial DS, SY, dan AS.

Polri menduga mereka terlibat dalam sebuah pengiriman paket berisi senjata dari Babel dengan perannya masing-masing. DS sebagai penerima paket, AS sebagai pengirim paket, dan SY sebagai penggalang dana untuk membeli paket.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 4 Terduga Teroris Jaringan JAD Jawa Barat

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya