Klarifikasi Ustaz Somad: Ceramah Saya Menjelaskan Akidah Umat Islam

Ceramah UAS soal salib terjadi tiga tahun yang lalu

Jakarta, IDN Times - Ustaz Abdul Somad mengklarifikasi video ceramahnya soal salib yang menjadi viral. UAS menuturkan, ceramahnya dalam video viral itu bukan dalam kapasitas berdebat.

“Saya sedang menjelaskan akidah keyakinan umat Islam. Soal sesungguhnya malaikat tidak akan masuk ke rumah kalau di dalamnya ada patung. Mengapa? Karena di antara tempat tinggal jin adalah patung,” kata UAS di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

1. UAS sebut kapasitasnya saat itu bukan sedang berdebat

Klarifikasi Ustaz Somad: Ceramah Saya Menjelaskan Akidah Umat IslamIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, UAS menjelaskan bahwa ceramah terjadi ketika dia mengisi kajian setiap subuh di Masjid Annur Riau. Saat itu ia menjawab pertanyaan jemaah.

“Video viral itu adalah menjawab pertanyaan bukan tema kajian.
Setiap subuh Sabtu ada kajian di Masjid Annur Riau, satu jam materi dan selanjutnya tanya jawab,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, penjelasan saya untuk menjaga akidah umat Islam bukan sedang kapasitas saya untuk membandingkan agama, berdebat atau berdialog,” sambung UAS.

Baca Juga: Tak Mau Kasus Penistaannya Disamakan dengan UAS, Ahok: Bedalah!

2. Ceramah soal patung terjadi tiga tahun yang lalu

Klarifikasi Ustaz Somad: Ceramah Saya Menjelaskan Akidah Umat IslamIDN Times/Irfan Fathurohman

Lebih lanjut, UAS mengatakan ceramah itu telah berlangsung tiga tahun yang lalu dan disampaikan dalam forum kajian khusus dan di tempat tertutup.

“Itu disampaikan di tengah komunitas masyarakat muslim, di dalam masjid, di tempat tertutup, dalam kajian khusus, bukan di Damai Indonesiaku TV One, bukan tabligh akbar di stadion. Itu sudah berlangsung lebih kurang tiga tahun yang lalu,” kata UAS.

3. Dipolisikan GMKI, UAS diundang MUI untuk klarifikasi

Klarifikasi Ustaz Somad: Ceramah Saya Menjelaskan Akidah Umat IslamIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, MUI mengundang UAS untuk mengklarifikasi ceramahnya soal salib di dalam video yang viral. UAS dilaporkan oleh sekelompok orang yang menamakan diri Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dengan dugaan penistaan agama, Senin (19/8).

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” kata Waketum MUI Zainut Tauhid, lewat keterangan tertulisnya.

4. MUI menjadi mediator

Klarifikasi Ustaz Somad: Ceramah Saya Menjelaskan Akidah Umat IslamIDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Undangan MUI tersebut sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI, Selasa, (20/8) yang menyepakati akan mengundang Ustaz Abdul Somad (UAS) untuk bersilaturahmi sekaligus klarifikasi.

“MUI ingin memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. Kami berharap masalah ini cepat bisa diselesaikan sehingga tidak berlarut,” kata Zainut Tauhid.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Klarifikasi Kontroversi Ceramah Salib ke MUI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya