Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam Jejaknya

Sebelumnya Dahnil merupakan Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak resmi menjadi Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sebelumnya, Dahnil merupakan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga.

“Selamat malam sahabat, selamat berakhir pekan. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa mulai ke depan saya dibantu Bung @Dahnilanzar sebagai juru bicara resmi Ketua Dewan Pembina / Ketua Umum Partai @Gerindra,” kata Prabowo dikutip dari akun Twitter resminya, Senin (29/7).

Yuk, mengenal Dahnil lebih dekat, berikut empat fakta tentang Dahnil.

1. Sebelum jadi jubir BPN Dahnil rela melepas status PNS

Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam JejaknyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Setelah dipastikan masuk dalam struktur tim pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019, Dahnil Anzar Simajuntak yang akrab disapa Anin, rela melepas jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai dosen.

Dahnil harus mundur karena Pasal 2 Huruf F Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelaskan, setiap ASN tak boleh berpihak dari segala pengaruh mana pun dan tidak memihak kepada kepentingan siapa pun.

“Saya telah menyampaikan secara resmi pengunduran diri sebagai ASN di Universitas Sultan Agen Tirtayasa,” tulis Danhil dalam akun Twitter pribadinya pada akhir September 2018.

Baca Juga: Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq Shihab

2. Memiliki gelar doktor Ilmu Ekonomi

Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam JejaknyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebagai dosen, Dahnil memiliki jenjang pendidikan yang baik. Lelaki kelahiran Aceh tersebut baru saja meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Ekonomi di Universitas Diponegoro pada 2018.

Sebelumnya, ia juga meraih gelar magister kebijakan publik di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

3. Pernah jadi dosen selama 10 tahun

Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam JejaknyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Saat memutuskan berhenti sebagai dosen, Danhil sudah mengabdi sebagai ASN di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa selama satu dekade. Hal tersebut dikonfirmasi Sekjen Partai Amanan Nasional (PAN) Eddy Soeparno pada September 2018.

“Mas Dahnil sebagai seorang PNS telah siap mengundurkan diri agar fokus menjalankan fungsinya sebagai jubir,” ungkap Eddy.

4. Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

Dahnil Anzar Jadi Juru Bicara Prabowo Subianto, Ini Rekam JejaknyaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Selain menjadi dosen, lelaki kelahiran 1982 ini juga menjabat sebagai ketua PP Pemuda Muhammadiyah 2014-2019, setelah periode sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua. Sebenarnya, ia juga ingin mundur dari jabatannya itu, namun niatnya tak disetujui.

“Sebenarnya (saya) juga bersedia mundur sebagai ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah, namun pimpinan lain, termasuk bapak-bapak, tidak menyetujui," ujar dia.

Baca Juga: Usai Jadi Jubir BPN, Dahnil Anzar akan Ikut Pilkada Medan? 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya